Joko Tingkir Batal Dinyanyikan Farel Prayoga, Inikah Penyebabnya?

Banyak warganet membahas apa penyebab lagu Joko Tingkir batal dinyanyikan Farel Prayoga?

 Farel Prayoga. (Youtube Land of Osing Banyuwangi)

SOLOPOS.COM - Farel Prayoga. (Youtube Land of Osing Banyuwangi)

Solopos.com, SOLO-Lagu Joko Tingkir batal dinyanyikan oleh Farel Prayoga membuat warganet bertanya-tanya apa penyebabnya? Warganet membahas hal ini sehingga judul lagu tersebut pun jadi trending topic di Twitter.

Kejadian berawal saat  Presiden Jokowi meminta Farel menyanyikan lagu tersebut. Dalam upacara  peringatan HUT ke-77 RI yang disiarkan secara langsung, tampak koordinasi tim kepresidenan dengan Farel Prayoga dari balik mikrofon dari belakang panggung.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Namun akhirnya lagu permintaan Presiden Jokowi itu urung berkumandang di Istana dalam upacara peringatan HUT ke-77 RI. Warganet pun membahas hal itu sehingga akhirnya jadi trending topic di Twitter. Pada Rabu (17/8/2022) hingga pukul 18.00 WIB sudah ada 11.000 tweet memakai judul lagu itu.

Tidak sedikit warganet menganggap penyebab Joko Tingkir batal dinyanyikan lantaran band pengiringnya tidak siap. “Critanya mau nyanyi joko tingkir tpi ndak jadi,” tulis @DTaa*** dikutip dari Twitter.

Baca Juga: Farel Prayoga Nyanyi Ojo Dibandingke di Istana, Pejabat-Artis Joget

“Upacara dirgahayu republik indonesia seru banget. Farel Prayoga kamu keren bawain lagu Ojo Dibandingke di Istana Presiden. Sayang Pak Jokowi request lagu Joko Tingkir tapi musiknya belum siap. Ada juga reza rahadian,” tulis @avendi***.

“Cuma dia yg bisa bikin menteri dan jenderal2 joget. Sayang td instrumennya gak siap nyanyi Joko Tingkir. Kapan2 undang band-nya Indosiar bisa musik apa aja,” tulis @adida***.

Baca Juga: Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

Sementara warganet lainnya ada yang menyebutkan penyebab lagu Joko Tingkir batal dinyanyikan Farel lantaran kontroversi yang meliputinya. “Lagiiii kena kasus kak lagunya. Karna Joko Tingkir itu ulama jadi beberapa ulama protes gaboleh dibikin guyonan gitu,” cuit @hime_***.

“Bukan karena itu, lebih ke lagu ini tuh kontroversial. Lagi ram2nya dianggap ga sopan dengan penggunaan kata Joko Tingkir, andaikan tadi jadi bakal digoreng abis2an sama oposisi haters gitu,” cuit @allezga***.

Kontroversi apakah yang meliputi lagu Joko Tingkir yang batal dinyanyikan Farel tersebut? Mengutip laman NU Online, Rabu,  popularitas lagu dangdut bergenre koplo bergaya parikan (mirip pantun) ini langsung menuai protes dari berbagai pihak, mulai Gus Muwafiq, akademisi UINSA, dan terakhir Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur.

Para pihak yang menyoal menilai lagu parikan Joko Tingkir Ngombe Dawet tidak mencerminkan kebudayaan, dan jauh dari kepantasan. Gus Muwaffiq bahkan merasa jengkel dengan penulis lirik “Joko tingkir ngombe dawet, Jo dipikir marai mumet,” ini.

Baca Juga: Asyiknya Farel Prayoga Feat Filla Talia Nyanyi Lagu Ojo Dibandingke

Dia mengatakan, pengarang tidak mengetahui sejarah. Joko Tingkir, kata dia, bukanlah orang sembarang. Joko Tingkir adalah ulama besar yang menurunkan ulama-ulama di Jawa. Lalu siapakah sebenarnya Joko Tingkir tersebut? Merujuk catatan Kiai Ishomuddin Hadziq atau Gus Ishom, muhaqiq kumpulan karya Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Joko Tingkir adalah kakek ke-3 dari KH Muhammad Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama.

Itu berarti Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid adalah generasi ke-6. Nasab Joko Tingkir bertemu dengan Maulana Ishaq ayah Sunan Giri, salah satu Walisongo yang telah berjasa besar dalam mendakwahkan Islam di Nusantara.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

      Ketahui sejumlah langkah mempersiapkan keuangan untuk menghadapi resesi global.

      Beginilah Arti Mimpi tentang Naga yang Perlu Diwaspadai

      Ketahui sejumlah arti mimpi terkait naga berikut ini.

      Anak Muda Percayai Media Sosial untuk Segala

      Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial sebagai sumber dari segala sumber.

      Kenali Manfaat Lari seperti Dilakukan Gisella Anastasia

      Penelitian telah membuktikan bahwa lari punya segudang manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

      Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Gula

      Kenali tanda tubuh kelebihan gula sebelum terlambat.

      Waspada Child Grooming, Pintu Masuk Predator Seksual Perdayai Korban

      Child grooming merupakan modus predator seksual untuk memperdayai targetnya yang masih anak-anak. Child grooming menjadi pintu masuk predator seksual beraksi dengan mengincar anak di bawah umur.

      Para Perokok, Perhatikan Ini Demi Kesehatan Anak dan Keluarga

      Pada acara talkshow dalam rangka World Lung Day atau Hari Paru Sedunia 2022, yang digelar Solopos Media Group (SMG) bersama Rumah Sakit (RS) UNS Solo, dijelaskan beberapa pemahaman mengenai penyakit paru

      Begini Cara Mengatasi Cegukan Selain Minum Air Putih

      Ketahui sejumlah cara mengatasi cegukan selain minum air putih.

      Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal

      Berikut ini terdapat keutamaan dan amalan yang bisa dilakukan umat muslim di Rabiul Awal, bulan kelahiran dari Nabi Muhammad SAW.

      Pilihlah Es Teh tanpa Gula agar Kesehatan Tubuh Terjaga

      Agar tubuh tetap sehat, sebaiknya pilihlah minum es teh tanpa gula.

      Keutamaan dan Amalan Terbaik Maulid Nabi

      Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan ikhbar bahwa awal bulan Rabiul Awal 1444 H jatuh pada Selasa, 27 September 2022, tepatnya dimulai sejak Senin, 26 September 2022, malam. 

      Ajari Anak Etika Bersin dan Batuk di Tengah Musim Pancaroba

      Anak perlu mengetahui sejumlah etika bersin dan batuk.

      Arti Mimpi Pergi ke Suatu Tempat Tak Selalu Pertanda Buruk

      Ada sejumlah arti mimpi pergi ke suatu tempat, berikut ini ulasannya.

      5 Tips Membersihkan Perabot Rumah Tangga Berbahan Kaca Sampai Kinclong

      Untuk membersihkan perabot kaca secara menyeluruh, pastikan memakai kain dan detergen yang lembut.

      Urutan Doa dan Zikir Setelah Salat Lima Waktu Menurut NU

      Berikut ini terdapat urutan doa dan zikir setelah salat fardu lima waktu menurut Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online.

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.