SOLOPOS.COM - Joko Paloma Santosa. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Perkembangan zaman yang pesat bisa menggerus nilai-nilai kehidupan di masyarakat. Budaya dan kearifan lokal tergantikan oleh nilai-nilai yang tidak selaras dengan norma dan adab ketimuran.

"Kita bisa merasakan betapa saat ini budaya individualistis, antisosial, dan kebebasan tanpa batas makin merasuk dalam sendi-sendi kehidupan kita," ungkap Direktur Utama PT Paloma Citra International, Joko "Paloma" Santosa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena itulah, Joko Paloma mengatakan seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga, melestarikan, atau menguri-uri budaya lokal. Orang Jawa memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk terus nguri-uri kebudayaan Jawa.

Joko Paloma Santosa (Istimewa)

"Jangan sampai wong Jawa ilang jawane. Budaya juga jangan diartikan secara sempit hanya mengenai kesenian. Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dianut bersama oleh masyarakat selama generasi ke generasi. Misalnya saja budaya unggah-ungguh [sopan santun], tepa selira [toleransi] dan gotong-royong," jelas putra asli Sukoharjo itu.

Bakal calon Bupati Sukoharjo pada Pilkada 2020 ini juga mengatakan kebudayaan menjadi kekayaan dan kekuatan dalam kehidupan bermasyarakat. Bagaimana masyarakat yang lebih muda menghormati yang lebih tua dan bagaimana yang lebih tua menghargai anak-anak muda.

Bagaimana menghargai adanya perbedaan pendapat, berempati, dan bersimpati. Bagaimana pula masyarakat mengerjakan sesuatu secara gotong-royong, tolong menolong tanpa pamrih.

"Ini adalah nilai-nilai luhur yang harus kita lestarikan dan kita rawat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melandaskan pada nilai-nilai di atas, saya meyakini kehidupan kemasyarakatan kita akan menjadi sebuah harmoni yang indah. Ikatan sosial kita makin erat dan kuat. Itulah wajah kita yang sesungguhnya," kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya