SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JAKARTA — Kementerian Pariwisata menetapkan kawasan segitiga Jogja, Solo, dan Semarang alias Joglosemar sebagai destinasi wisata super prioritas untuk mengerek kunjungan wisatawan asing. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan Candi Borobudur akan menjadi ikon utamanya.

Konsekuensi dari penetpan status destinasi wisata super prioritas itu, pemerintah memberikan anggaran dana khusus dengan nilai Rp2,1 triliun untuk pembenahan infrastruktur dan utilitas dasar. Angka itu tujuh kali lipat alokasi tahun sebelumnya yang hanya Rp300 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tujuannya, semua infrastruktur dan utilitas dasar, seperti jalan, bandara, dermaga air, dan listrik di Joglosemar harus tuntas selambat-lambatnya 2020. Jadi, tahun depan infrastruktur dan utilitas dasar Joglosemar harus selesai,” ucapnya seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Tempo, Sabtu (24/8/2019).

Para pemimpin daerah masing-masing daerah di segitiga Jogolosemar pun diminta untuk berkoordinasi terkait infrastruktur apa saja yang dibutuhkan di kawasan tersebut. Mereka harus duduk bersama Badan Otorita Borobudur (BOB).

Kehadiran Yogyakarta International Airport (YIA) juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Arief berharap rute penerbangan internasional yang melalui bandara ini diperbanyak.

“Kemenpar akan mendukung 100 persen jika ada penerbangan baru dari luar negeri karena 6 bulan penerbangan pertama, misalnya dari China, Malaysia, Singapura, Kamboja, itu memang harus disubsidi,” tuturnya.

Dengan berbagai fasilitas pendukung, termasuk infrastruktur, kunjungan wisman ke Joglosemar ditargetkan meningkat menjadi 2 juta dalam 5 tahun ke depan. Apabila target tersebut tercapai, maka devisa yang dihasilkan diproyeksi mencapai US$2 miliar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya