SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem. (Dok. JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika DIY, Toni Agus Wijaya menjelaskan pada Mei-Oktober 2014, DIY memasuki musim kemarau, dengan suhu pada siang hari mencapai 33°C- 34°C, dan 23°C pada malam hari.

Meskipun terasa lebih panas dibanding bulan lalu, kondisi ini masih tergolong normal dan wajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Musim kemarau akan mencapai puncaknya pada Agustus. Hal ini disebabkan kecepatan angin yang kecil, hanya 5-10 km/jam dan kelembapan (kandungan air di udara) yang rendah.

Pada Agustus, rendahnya curah hujan akan mencapai puncaknya, dan akan mengalami peningkatan pada bulan-bulan setelah Oktober.

Kondisi suhu yang panas siang hari bukan karena adanya aktivitas Merapi. “Kita akan menghadapi puncak kemarau pada Agustus, dan berakhir di Oktober, selain menjaga kesehatan, untuk warga di wilayah Gunung Kidul Selatan dan beberapa wilayah di Sleman timur, diimbau untuk mengantisipasi persediaan air bersih. Karena apabila langkah tersebut tidak dilakukan, ada potensi gangguan persediaan air bersih di wilayah tersebut,” papar Toni, Rabu (7/5/2014).

Toni juga menjabarkan, pada musim kemarau 2014, ada potensi terjadinya peristiwa El Nino tingkat rendah. Di mana curah hujan akan mengalami penurunan sebanyak 15%. Akibat meningkatnya suhu laut di Samudra Pasifik.

“Melihat kondisi tersebut, perlu dilakukan adanya antisipasi persediaan air bersih,” saran Toni.

Kondisi cuaca saat ini serupa dengan yang pernah terjadi pada 1997, namun pada tahun tersebut, yang terjadi adalah El Nino kuat. Dan kebalikan dari kondisi 2010, masa terjadinya La Nina, di mana curah hujan terhitung tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya