SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antarafoto)

Jogja mmbawa 58 karya dalam Popcon Asia 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 58 karya yang terdiri dari terdiri dari 38 karya komik, enam film animasi dan 14 game dipamerkan dalam Popcon Asia 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Kepala Dinas Kebudayaan (Dinbud) DIY, Singgih Raharjo mengatakan Dinbud DIY memfasilitasi kreator-kreator Jogja yang tergabung dalam Jogja Creatif Association (JCA) untuk diberangkatkan ke Jakarta mengikuti pameran Popcon Asia 2016. Sebanyak tiga stan disediakan untuk para kreator memamerkan karyanya.

“Selain pameran nanti mereka juga jualan produk di sana,” kata Singgih kepada Harianjogja.com, Rabu (10/8/2016).

Popcon Asia sendiri merupakan ajang pameran budaya pop terbesar Asia yang diadakan setiap tahun, yang dipamerkan terkait konten industri kreatif seperti komik, toys, video game, animasi dan film.

Dalam acara ini, pelaku industri kreatif nasional dan internasional berkesempatan untuk bertemu, berbagi ilmu dan berkolaborasi. Setiap tahun pameran popcon memiliki tema yang berbeda, untuk 2016 popcon mengusung tema utama mengenai serba-serbi intelektual properti.

Pihak penyelenggara berharap para kreator menyadari pentingnya hak-hak kekayaan intelektual dalam kancah lokal maupun worldwide.

Singgih berharap dalam keikutsertaan Jogja di tahun kedua ini lebih banyak jumlah karya, variasi dan kulitas yang bagus juga. Sehingga saat mengikuti pameran nanti dapat membuka pelung anak muda kreatif untuk masuk dunia bisnis kreatif.

“Di sana mereka bisa ketemu kreator atau pebisnis lain yang bisa membeli karya mereka sehingga mereka semakin termotivasi untuk berkarya lebih banyak,” ujar Singgih.

Dinbud DIY memberikan fasilitas tiga stan untuk para kreator agar dapat memamerkan karya mereka supaya dapat diapresiasi dan dihargai sebagai mana mestinya.

Dalam siaran persnya, Dinbud Diy berharap agar kreator Jogja mampu menembus pasar Internasional. Meskipun selama ini masih memiliki keterbatasan misalnya pengetahuan hak cipta, jangkauan eksposure, dan akses kolaborasi.

Untuk itu Dinbud DIY bekerja sama dengan JCA, mencoba memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas industri kreatif dengan memamerkan karya-karya terbaiknya. Dinbud DIY juga berupaya meningkatkan inspirasi dan apresiasi yang sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa melalui kesenian dan perfilman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya