SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Jogja macet terutama di Jalur Gunungkidul, kemacetan mencapai belasan kilometer

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kemacetan terjadi hingga belasan kilometer di ruas jalan dari Wonosari menuju Jogja. Kemacetan terjadi bukan hanya pada pagi hari, tetapi juga menumpuk pada Minggu (19/7/2015) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan pada sekitar pukul 20.00 WIB hingga 21.30 WIB, kemacetan dimulai sejak ruas Jalan Jogja-Wonosari, Logandeng hingga simpang tiga Jalan Gading-Playen. Pada lampu merah simpang empat Playen, kemacetan sempat sedikit terurai, meski demikian, pada ruas Tleseh, Bunder, terjadi kemacetan yang begitu merayap, hingga ruas simpang tiga Jalan Jogja-Wonosari, di Piyungan, Bantul. Situasi padat tersebut lebih terlihat pada jalur menuju Jogja, ketimbang menuju Wonosari.

Jalan didominasi kendaraan roda empat yang bernomor plat dari luar kota. Sementara itu, pengendara motor terlihat lebih banyak mengalah dengan menggunakan bahu jalan yang belum tertutupi aspal. Sesekali nekat menyalip kendaraan dari jalur sebelah kanan.

Sebelumnya, ruas jalur menuju pantai, yakni Jalan Baron, tepatnya Desa Mulo, sekitar pukul 15.00 WIB terlihat padat merayap, namun kendaraan masih dapat bergerak. Baik dari dan menuju pantai.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Yugi Bayu Endarto menerangkan, pihaknya menerjunkan sekitar 60 personel untuk mengatur lalu lintas menuju pantai. Ia memperkirakan telah terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 100 persen dibanding hari biasa.

“Untuk jalur pantai, padat merayap namun tidak sempat terjadi kemacetan. Untuk bus, mereka terlihat mematuhi rekayasa lalu lintas jalur searah,” ungkapnya.

Tak hanya di jalur pantai, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan meletakkan sejumlah pembatas jalan di beberapa ruas jalan, misalnya simpang empat Galri, menuju Siraman. Dengan maksud memperlancar arus dan agar kendaraan lebih teratur di jalan.

Terpisah, Staff Operasional dan Pengendalian Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul yang berjaga di pos retribusi Pindul-Bejiharjo, Sugeng Riyanto menuturkan pada hari ketiga lebaran 2015 situasi arus menuju lokasi wisata Pindul masih terpantau lancar, meskipun jalan tersebut digunakan bukan hanya wisatawan yang akan menuju Pindul, melainkan warga setempat.

“Untuk hari ini wisatawan masih ramai di area pantai,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya