SOLOPOS.COM - Ilustrasi

JOGJA—Kepadatan arus lalu lintas di kota Jogja dan sekitarnya terus meningkat menjelang pergantian tahun malam nanti. Pengguna jalan pun memilih jalur alternatif demi menyingkat waktu.

Dari pantauan Harian Jogja di Jalan Kaliurang,kepadatan meningkat sejak pagi. Di perempatan Kentungan ke arah utara kendaraan padat merayap. Kendaraan didominasi  kendaraan roda empat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebaliknya dari arah utara pengguna jalan harus memutar arah melewati jalur alternatif menuju Kota Jogja. “Terpaksa lewat jalur Jalan Magelang.Karena memang sangat lama dan lamban,” ujar Agus Firdaus, salah seorang pengendara yang tinggal di Jakal KM 13,5.

Berbeda dengan Jakal, kepadatan lalu  lintas di sejumlah jalan protokol Jogja tampak relatif normal. Antrean kendaraan hanya terlihat di sejumlah titik traffic light seperti jalan Kusumanegara, Jalan Bhayangkara dan Jalan Jenderal Sudirman .

Sementara itu, peningkatan intensitas kendaraan mulai  terjadi di pintu keluar Jogja sejak pagi tadi. Dari pantauan Harian Jogja di sepanjang jalan Raya Jogja-Klaten, arus lalu lintas sesekali padat merayap.

Kepadatan didominasi kendaraan roda empat. Selain dari wilayah Jogja, Solo dan sekitarnya, banyak juga kendaraan berplat nomor asal Jakarta, Bandung dan sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat.

Kepadatan ini menyebabkan jarak tempuh Jogja-Klaten molor. Dari rata-rata satu jam menjadi sekitar dua jam. Bahkan sempat macet total selama sekitar setengah jam akibat sebuah truk tronton mengalami kerusakan di ruas jalan Jambu Klaten.

Ilustrasi

Kemacetan terjadi seitar pukul 08.30 WIB. Agar lalu lintas lancar, petugas menerapkan sistem buka tutup karena truk hampir menutup setengah badan jalan. (HARIAN JOGJA/Tri Wahyu Utami)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya