SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA- Forum Kota Hijau bersama Pemerintah Kota Jogja menggencarkan kampanye penyelamatan sempadan sungai yang masih tersisa, sehingga kondisi sungai bisa tetap terjaga.

Kampanye penyelamatan sempadan sungai tersebut dimulai dengan pemasangan patok batas kawasan lindung di Sungai Winongo, tepatnya di Kampung Jatimulyo RW 01 RT 61 Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Minggu 14/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Patok yang hari ini dipasang adalah patok edukasi untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan sungai yang harus dilindungi. Sungai tanpa sempadan sama saja dengan selokan,” kata Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti usai memasang patok di Sungai Winongo.

Menurut dia, upaya penyelamatan sempadan sungai merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Jogja untuk mewujudkan kota hijau, meskipun akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya faktor legal tanah di sempadan sungai.

Hanya saja, kata dia, untuk saat ini faktor legal belum akan menjadi fokus perhatian, namun lebih pada upaya memberikan penyadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya fungsi sempadan tersebut.

Upaya sosialisasi, menurut dia dimulai dari kawasan-kawasan yang dipandang aman dan diperkirakan tidak akan menimbulkan gejolak bagi warga di sekitarnya.

“Yang perlu ditekankan adalah sempadan sungai harus dilindungi. Jika sempadan dilindungi, maka sungai akan memberikan perlindungan kepada masyarakat di sekitarnya,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya