SOLOPOS.COM - Krenova ditampilkan dalam Jogja Fashion Week. (Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Jogja Fashion Week untuk karnaval berlangsung Minggu (28/8/2016).

Harianjogja.com, JOGJA — Ribuan warga Jogja tumpah ruah di sepanjang Jalan Malioboro untuk menyaksikan Karnaval Jogja Fashion Week 2016, Minggu (28/8) sore. Acara puncak Fashion Week ke-11 itu menampilkan 25 kelompok kreasi batik hasil kreativitas masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata DIY, Putu Kertiasa mengatakan peserta Karnaval Jogja Fashion Week tidak hanya dari Jogja, namun dari berbagai daerah seperti Semarang, Solo, Jepara, Batang, Malang, sampai Banyuwangi. Tiap kelompok dinilai dari sisi orisinalitas desain, keunikan, kreatifitas, keserasian berdasarkan tema, dan kekompatakan tim.

Tema Karnaval Jogja Fashion Week ini adalah Hananduka Dahayu. Handuka berarti penutup dapat berupa kain busana. Sementara Dahayu berarti cantik. Handuka Dahayu dapat diartikan keindahan indonesia yang menyeruak tetkala dikunjungi.

Tiap daerah di indonesia memiliki kekuhusasan baik dari mahkota, pakaian adat dan budaya serta asesorisnya. Putu berhrap Karnaval Jogja Fashion Week ini dapat menarik 25 peserta menggunkan gaya busana konvensional dengan misi agar tiap perserta dapat mengaplikasikan dan mengikuti trend masa kini dengan inspirasi kecantikan.

Lebih jauh, Putu berharap batik lebih dikenl lagi di dunia, “Karena posisi batik sebagai warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan filosofi yang sangat tinggi,” katanya.

Putu menambahkan karnaval ini murni diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY. Setiap tahun pihaknya mengambil bagian dari acara Jogja Fashian Week yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi DIY. Acara itu sudah berlangsung sejak 24 Agustus lalu di Jogja Expo Center (JEC). Kemri petang merupakan puncak acara Jogja Fashion Week yang dimeriahkan dengan karnaval.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya