SOLOPOS.COM - JELANG JOGJA FASHION FESTIVAL

Jogja fashion week 2016 akan mengangkat nuansa batik

Harianjogja.com, JOGJA-Jogja Fashion Week akan kembali digelar 24-28 Agustus 2016 mendatang di Jogja Expo Center (JEC). Jogja Fashion Week 2016 ini mengangkat nuansa batik dengan tema The Heritage.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Project Officer Jogja Fashion Week 2016 Afif Syakur mengatakan, batik yang diangkat bukan dari sisi barang melainkan proses pembuatannya. “Nuansa batik di sini bukan barangnya tapi lebih prosesnya, apakah pakai malam atau tidak,” kata Afif saat jumpa pers di Victoria Hotel, Selasa (22/3/2016).

Meski peserta Jogja Fashion Week 2016 akan lebih menonjolkan batik tulis dan cap, tidak menutup kemungkinan mereka akan memunculkan koleksi busana dari tiruan batik.
Afif mengatakan, alasan pemilihan nuansa batik dalam Jogja Fashion Week karena ingin menjadikan Jogja sebagai trendsetter batik dunia.

“Akar rumpun [batik] ada di Jogja. Trendsetter ini jadi kiblat bagi penghasil batik lainnya,” kata dia.

Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lia Mustafa menambahkan, konsentrasi para desainer-desainer pada batik akan mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat mode internasional pada 2025 dan pusat busana Muslim pada 2020.
Dalam Jogja Fashion Week 2016 ini, panitia menargetkan akan diikuti 100 desainer dengan 1.500 karya serta 250 pengusaha fashion dari seluruh Indonesia.

“Tidak hanya fashion show, kegiatan yang akan turut menyemarakkan ada karnaval topeng, seminar, kompetisi fashion design, penganugerahan, seni dan ambience, dan fahion art,” kata Lia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Budi Antono yang hadir dalam kesempatan jumpa pers tersebut mengatakan, Jogja Fashion Week telah berlangsung selama 10 kali. Untuk 2016 ini, pihaknya berharap ada keterlibatan dari setiap kabupaten/kota.

Pelaksanaan Jogja Fashion Week nanti bertepatan dengan high season kunjungan wisata ke DIY. Disperindag dan juga Dinas Pariwisata berharap agar adanya Jogja Fashion Week semakin menarik minat wisatawan datang ke Jogja. Acara ini juga akan dimeriahkan karnaval yang diikuti 1.000 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya