SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

JOGJA—Belum genap sebulan pesta musik jazz bertajuk Ngayogjazz  2012 menghibur masyarakat Desa Wisata Brayut, Sleman, pertunjukkan musik serupa akan kembali digelar.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Hanya saja, kali ini pesta tersebut mengusung musik blues bertajuk Jogja Blues Explotion 2 dengan slogannya Why Blues. Konser tersebut akan berlangsung  pada Sabtu dan Minggu (1-2/12/2012) di Jogja National Museum (JNM), Jalan Amir Yahya, Wirobrajan, Jogja.

Festival yang diselenggarakan Jogja Blues Forum (JBF) itu akan diikuti sekitar 50 musisi blues yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Solo, Banyumas, Purwokerto, Tegal, Cilacap, dan Magelang.

Bahkan musisi blues ternama Indonesia diantaranya Gugun Blues Shelter, Ginda and The White Flowers, Adrian Adioetomo, The Blues Guardians, Sue Bonnington, Jamphe Johnson dan Jasmine juga turut ambil bagian dalam perhelatan ini.

Seksi Publikasi acara, Dandy, menuturkan festival ini merupakan even yang kedua kalinya setelah pada 2009 silam dilangsungkan. Menurut Dandy ada perbedaan mencolok even ini dibandingkan pada tahun sebelumnya yaitu partisipasi band di luar Jogja meningkat pesat.

“Kalau tahun 2009 lalu peserta kebanyakan adalah musisi dari Jogja,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa, (27/11/2012).

Menurut Dandy, seperti yang dilakukan komunitas jazz dalam menggelar Ngayogjazz, event ini rencananya akan digelar pada tiap tahunnya. Selain untuk memperkenalkan musik blues kepada masyarakat luas, festival ini diharapkan juga bisa merangkul berbagai musisi jazz yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Tiap tiap kota sebenarnya kelompok blues pasti ada cuman sayangnya selama ini mereka belum begitu terlihat dikalangan komunitas musik lainnya. Nah, dari adanya festival ini kami bisa membuktikan eksistensi kami dan memperkenalkan musik jazz kepada masyarakt luas,” paparnya.

Berbeda dengan waktu diselenggarakan pertama kali, Jogja Blues Explosion 2 kali ini dilaksanakan non-stop selama 2 hari (pukul 10.00-24.00), dan sepanjang waktu tersebut rangkaian acara ini tidak hanya berisi pagelaran musik blues saja, namun Jogja Blues Forum juga akan mengadakan Art Exhibition dan juga mengundang 8 komunitas musik blues yang tersebar di wilayah Jawa tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya