SOLOPOS.COM - Warga bersama sukarelawan membersihkan lumpur dan material yang hanyut terbawa banjir di kampung Jatimulyo, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegal, Yogyakarta, Minggu (13/03/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Jogja banjir di Kali Winongo menyebabkan kerusakan infrastruktur

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Bidang Pengairan, Kimpraswil Kota Jogja, Aki Lukman Nur Hakim mengungkapkan jika skema perbaikan kerusakan akibat banjir Kali Winongo menggunakan APBD bisa dipastikan perbaikan tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Sebabnya butuh proses lelang yang membutuhkan waktu. Belum lagi jika terdapat gagal lelang.

Sementara perbaikan infrastruktur senilai Rp2,4 miliar merupakan hasil pendataan sementara dua hari pasca bencana luapan Kali Winongo dan Kali Code. Menurutnya kerugian bisa bertambah jika hujan lebat masih mengguyur wilayah Jogja.

“Talud yang rusak jika tertimpa hujan bisa bertambah lagi kerusakannya dan biaya perbaikan bisa lebih dari itu,” ujar Aki.

Luapan Kali Winongo dan Kalicode sempat menggenangi puluhan rumah warga di sepanjang bantaran kedua kali tersebut. Seribuan warga sempat mengevaluasi diri ke lokasi yang aman, namun mereka sudah kembali malam itu juga saat air surut.

Sementara masih ada tujuh warga dari dua kepala keluarga (KK) yang belum bisa kembali karena rumahnya hanyut. Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti masih memikirkan solusi untuk menangani rumah yang hanyut karena kedua rumah itu berada di sepadan sungai.

Dari perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) DIY intensitas hujan di Wilayah DIY masih tinggi sampai April mendatang. potensi kenaikan debit air masih menjadi ancaman bagi warga yang tinggal di sepanjang bantaran kali.

Koordinator Stasiun Klimatologi BMKG DIY, Joko Budiono mengatakan curah hujan saat ini paling banyak terjadi siang-sore hari. curah hujan berkisar antara 201-400 milimeter, “Katageri tinggi curah hujan berada di Sleman bagian utara yang mencapai 301-500 MM” kata dia, melalui pesan singkat selular, Senin (14/3/2016).

Dengan intensitas hujan yang bisa lebih dari satu jam, menurut Joko, bisa menyebabkan banjir di wilayah hulu sungai. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran aliran sungai tetap waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya