SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Danet Suryatama disamping mobil listrik buatannya. (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

JOGJA—Ratusan mobil listrik kelas premium besutan ahli elektrik Danet Suryatama akan diproduksi di Jogja. Danet sebelumnya dipercaya Menteri BUMN Dahlan Iskan memproduksi mobil listrik menyusul tren penghematan bahan bakar minyak yang digaungkan pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dr lulusan Michigan University USA itu sebelumnya telah diminta untuk membuat 25-40 mobil listrik. Kebanyakan yang memesan mobil berharga Rp1,5 miliar ini adalah kalangan pejabat negara termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Setelah pesanan puluhan mobil ini selesai, Danet berencana memproduksi lagi mobil sekelas Ferrari itu namun jumlahnya terbatas.

Danet menargetkan memproduksi 300-400 mobil listrik serupa untuk dijual ke masyarakat umum. Produksi mobil ini bakal dilakukan di Jogja usai Danet menyelesaikan pesanan 40 mobil yang sudah masuk. Danet yang merupakan ahli elektrik itu menggandeng pabrik reparasi mobil Kupi-Kupu Malam yang terletak di Bilangan Jambon, Trihanggo, Sleman.

Pengerjaan satu buah mobil diperkirakan memakan waktu satu bulan. “Rencananya masih akan produksi 300-400 mobil lagi tapi limited. Kalau mobil pesananya Pak Dahlan memang agak lama karena terkendala cukai pengiriman baterai. Tapi sekarang kami tengah mencoba memproduksi sendiri baterainya. Paling satu mobil hanya satu bulan,” tuturnya Jumat (12/10/2012) kepada wartawan.

Kendati harganya kurang lebih sama, namun spesifikasi mobilnya menurutnya akan berbeda tergantung permintaan konsumen. Sebab mobil ini tak tergolong produk massal seperti mobil-mobil yang dijual di pasaran saat ini. “Pasti nggak akan sama semua desainya, tergantung permintaanya seperti apa,” kata lelaki kelahiran Surabaya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya