SOLOPOS.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden berbicara tentang ekonomi dan laporan kerja AS terakhir tahun 2020 di kantor pusat transisi di Wilmington, Delaware, AS, Jumat (4/12/2020). (Antara-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden disumpah dengan kitab suci bersejarah bagi keluarganya. Joe Biden dilantik dengan Alkitab yang usianya telah mencapai 127 tahun.

Sumpah presiden di atas teks agama bukanlah kewajiban, melainkan lebih seperti tradisi sejak dilantiknya presiden pertama AS, George Washington. Sebanyak 45 presiden mengucap sumpah dengan Alkitab yang berbeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa di antara mereka ada yang memilih Alkitab dari keluarganya atau Alkitab bersejarah yang digunakan para pendahulunya. Contohnya, Presiden Barack Obama yang memilih menggunakan milik Abraham Lincoln pada pelantikannya tahun 2009.

Ini Zodiak Beruntung dan Sukses di 2021

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, pada pelantikan yang paling berbeda dalam sejarah AS, karena pandemi Covid-19 dan pengamanan super ketat setelah kerusuhan Gedung Capitol, Biden akan menggunakan Alkitab milik keluarganya yang digunakan sejak 1893.

Hal ini diungkapkan oleh Biden dan Ibu Negara Jill Biden dalam acara The Late Show with Stephen Colbert. "Itu hanya pusaka keluarga Biden, dan setiap tanggal penting ada di sana. Misalnya, setiap kali saya disumpah untuk apa pun, tanggalnya selalu sama dan tertulis di Alkitab,” kata Biden seperti dikutip dari The Oprah Magazine.

Momentum Penting

Menilik sejarah kitab suci yang berukuran 5 inci atau sekitar 12,7 cm ini, Biden telah menggunakannya dalam berbagai momentum penting dalam hidupnya. Salah satu momentum penting Joe Biden yang menggunakan alkitab itu antara lain adalah saat pertama kali disumpah menjadi anggota Senat di Delaware.

Ini Alasan Hukum Gisel Jadi Tersangka

Saat itu, dia mengucap sumpah di samping dua anak laki-lakinya yang dirawat pasca-kecelakaan yang merenggut nyawa istri dan anak perempuannya. Sejak saat itu, Biden menggunakannya sebanyak enam kali upacara Senator AS dan juga dua kali saat menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Obama.

Salah satu kenangan pada Alkitab tersebut juga tercatat saat mendiang anaknya, Beau, yang meninggal pada 2015 karena sakit kanker otak, saat diangkat menjadi pengacara umum delaware pada 2007.

Rencananya, band rock New Radicals akan hadir dalam parade virtual untuk menyanyikan lagu You Get What You Give, lagu yang biasa didengarkan oleh Beau Biden saat mendapatkan perawatan setiap pagi hari.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya