Jobstreet Bagi 5 Tip Selalu Pulang Kerja Tepat Waktu

Jika bekerja lembur sudah merupakan kebiasaan di perusahaan Anda, pulang kerja tepat pada waktunya mungkin terasa seperti melakukan sebuah dosa besar.

Jobstreet Bagi 5 Tip Selalu Pulang Kerja Tepat Waktu

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/Indiatimes

Solopos.com, JAKARTA – Jika overtime alias kerja lembur sudah menjadi kebiasaan di perusahaan Anda, pulang kerja tepat pada waktunya mungkin terasa seperti melakukan sebuah dosa besar.

Menyelinap menuju ke pintu keluar saat jarum jam tepat menunjukkan pukul 17.00 merupakan sebuah hal yang mustahil dan Anda dijamin akan mendapatkan tatapan maut dari seantero kantor jika melakukannya.

Mungkin itu sebabnya Anda akhirnya bekerja lembur malam demi malam. Memiliki keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi yang sehat merupakan suatu hal yang penting – hidup haruslah lebih dari sekedar pekerjaan Anda. 

Dikutip dari JobStreet.com, Kamis (5/9/2019),  berikut lima tip untuk memaksimalkan hari Anda, sehingga Anda dapat pulang kerja tepat waktu setiap hari:

1. Mulai hari Anda dengan sebuah to-do list

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sampai di kantor adalah menulis daftar tugas Anda hari itu. Buatlah daftar semua tugas yang harus Anda selesaikan untuk hari itu, mulai dengan yang paling mendesak atau paling rumit.
 
Hal ini akan memastikan bahwa Anda mengerjakan hal-hal yang paling mendesak terlebih dahulu, yang lebih cenderung menghambat Anda seiring berjalannya hari. Memiliki daftar tugas sebagai referensi membuat Anda tetap fokus dan memungkinkan Anda mengatur hari Anda dengan lebih efisien.

2. Tegaskan bahwa Anda harus pulang persis pada waktu yang ditentukan

Beri tahu atasan dan anggota tim bahwa Anda benar-benar harus meninggalkan kantor tepat pada waktunya, dan ingatkan mereka secara rutin agar hal tersebut melekat di pikiran mereka.

Jika ada yang menjadwalkan rapat setengah jam sebelum jam pulang kerja, tanyakan dengan sopan apakah mereka dapat mengatur ulang jadwal rapat pada hari berikutnya.
 
Jika mereka mengatakan bahwa rapat tersebut tidak akan memakan waktu lebih dari setengah jam namun ternyata rapat terus berlanjut, pulanglah pada saat di mana Anda harus pulang.

Hal ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda serius mengenai pulang kerja tepat pada waktunya. Jangan merasa tidak enak untuk memiliki pendirian tegas – pulang tepat waktu memang merupakan hak Anda.

3. Fokus pada target jam pulang kantor Anda

Ingatkan diri Anda sepanjang hari bahwa Anda harus meninggalkan kantor pada pukul x sehingga Anda akan lebih fokus dan sadar akan manajemen waktu saat bekerja.

Mengetahui bahwa Anda hanya memiliki setengah hari yang tersisa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang harus diselesaikan akan memaksa Anda untuk bekerja lebih efisien dan meningkatkan produktivitas Anda.

4. Minimalkan gangguan seperti media sosial

Anda pasti pernah memeriksa ponsel kita sepanjang hari, baik untuk mengecek media sosial atau untuk membaca dan menjawab jutaan pesan Whatsapp yang Anda terima setiap harinya. Hal tersebut mungkin tidak terlihat memakan banyak waktu, namun akumulasi dari menit-menit tersebut tidaklah sedikit.
 
Untuk meminimalisir gangguan-gangguan tersebut, log out dari akun media sosial Anda selama jam kantor dan nonaktifkan pop-up notification untuk mengurangi godaan untuk memeriksa ponsel Anda setiap beberapa menit.

5. Buat sebuah daily reminder untuk bersiap-siap setengah jam sebelum waktu pulang kerja

Terakhir, buat sebuah daily reminder atau pengingat harian di ponsel Anda tepat 30 menit sebelum waktu pulang Anda. Pengingat tersebut akan menjadi sinyal untuk Anda membereskan pekerjaan dan mulai bersiap-siap pulang.

Anda juga harus menggunakan periode waktu ini untuk menyiapkan to-do-list untuk keesokan harinya agar Anda dapat memulai kerja dengan cepat besok pagi.
 
 Bekerja lembur seringkali merupakan tanda ketidakefisienan di tempat kerja. Departemen kerja Anda mungkin kekurangan tenaga kerja, sehingga berujung pada tambahan pekerjaan untuk semua pekerja, atau mungkin juga disebabkan oleh proses kerja yang tidak efisien atau manajemen waktu yang buruk.

Manfaatkan peluang tersebut untuk menyarankan perbaikan workflow untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih cerdas dan meninggalkan kantor lebih awal, tetapi juga menguntungkan departemen dan perusahaan, menjadikannya sebuah win-win proposal.
 
Dengan mengasumsikan bahwa Anda menyelesaikan semua pekerjaan selama jam kantor, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak pulang tepat waktu setiap harinya. Jika atasan Anda mempermasalahkan hal ini, mungkin itu artinya Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk pindah tempat kerja.
 

Berita Terkait

Berita Terkini

Kunjungi Sragen, Menko Marves dan Menkes Janji Suplai Vaksin 15.000 Dosis/Hari

Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 di Solo Raya mencapai 75% pada akhir Agustus 2021.

Salurkan Hobi Masak, Ibu Muda Asal Solo Ini Raih Jutaan Rupiah Lewat Bakpao Unik

Ide untuk membuat bakpao berkarakter unik itu berawal dari para buah hatinya yang menyukai bakpao pada umumnya.

Pantauan Kejari Karanganyar, Tak Temukan Penimbunan Obat

Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar terus melakukan pemantauan peredaran obat di Karanganyar sejak awal PPKM Darurat hingga PPKM Level 4.

PKL Solo Baru Sukoharjo Menjerit: Jalan Jangan Ditutup, Lampu Jangan Dimatikan!

Para PKL di kawasan Solo Baru Sukoharjo meminta pemerintah melonggarkan kebijakan penyekatan ruas jalan dan pemutusan aliran listrik lampu penerangan jalan.

Jokpro 2024 Terus Gerilya Jokowi Tiga Periode

Hasil survei SMRC pada Mei 2021 menyebut, 52,9 persen responden masih menginginkan Presiden Jokowi kembali menjabat.

Sosialisasi 4 Pilar, Aria Bima Upayakan Penyapu Jalan di Solo Divaksinasi

Aria Bima akan mengupayakan agar para penyapu jalan dan keluarganya di Solo segera mendapat vaksin Covid-19.

Alhamdulillaah, Indonesia Bakal Punya Hotel di Arab Saudi

Investasi berbentuk kepemilikan fasilitas akomodasi dan hotel di Arab Saudi untuk jemaah haji dan umrah Indonesia.

Solo PPKM Level 4, Bhayangkara FC Belum Putuskan Latihan

Para pemain belum akan dikumpulkan dalam waktu dekat menyusul aturan PPKM di Kota Solo.

Kisah Petani Cawas, Rela Tak Ke Sawah Demi Vaksinasi di Polres Klaten

Seorang petani asal Pakisan, Kecamatan Cawas, rela meninggalkan sawahnya demi mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mapolres Klaten.

FKSPN Karanganyar Kembali Mediasi Pekerja dengan Perusahaan

Dari dua permasalahan yang diadukan sejak 2020 tersebut, muncul kesepakatan bersama terkait nominal pesangon yang diterima pengadu.

Mengecat Pesawat Terbang Tak Semudah Mengecat Gapura Buat Tujuhbelasan

Pengecatan adalah bagian dari proses perawatan karena selama beroperasi, pesawat akan terpapar suhu ekstrem, sangat dingin atau sangat panas.

Jadi Tersangka Aksi Bikini, Dinar Candy Dikenai Wajib Lapor

Dinar Candy terancam hukuman 10 tahun penjara.