SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Bebas kendaraan bermotor bakal tetap diberlakukan di Jl Malioboro di saat pergantian tahun. Polresta Jogja bakal menutup Jalan Malioboro dan pintu masuk ke Titik Nol Kilometer dari kendaraan bermotor sejak Senin (31/12/2012) mulai pukul 20.00 WIB hingga Minggu (1/1/2013) pukul 01.00 WIB.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

“Jalan Malioboro, Ahmad Dahlan, dan Senopati, ditutup total untuk mencegah kemacetan dan dialihkan fungsi sebagai pedestrian,” kata Kasat Lantas Polresta Jogja, Kompol Bambang Sukmo Wibowo, akhir pekan lalu di ruang kerjanya.

Bambang mengatakan pengalihan arus kendaraan berangsur- angsur akan dilakukan pada satu jam sebelumnya. Kendaraan yang melintas dari Jalan Mataram akan diarahkan menuju Jalan Pasar Kembang atau Jembatan Kleringan. “Untuk memperlancar arus, sepanjang Jembatan Kleringan dilarang parkir kendaraan khususnya roda dua sampai dengan pukul delapan malam,” jelasnya.

Kendaraan yang sudah terlanjur parkir di Malioboro sebelum pukul 20.00 WIB, kata Bambang, disarankan keluar kawasan Malioboro setelah pukul 01.00 WIB. Namun menurutnya peraturan tidak bisa berlaku kaku. Jika terpaksa, kendaraan terutama motor sebaiknya dituntun.

Adapun di Jalan Ahmad Dahlan, pengalihan arus dilakukan di pertigaan PKU Muhammadiyah. Kendaraan dari barat diarahkan melewati Jalan Bhayangkara hingga ke utara pertigaan Stasiun Tugu sisi selatan.

Di perempatan Gondomanan kendaraan yang melaju dari arah utara akan diarahkan ke selatan menuju Jalan Brigjen Katamso, atau ke timur menuju Jalan Suryotomo.

Adapun untuk menampung lubernya parkir kendaraan roda empat dan bus, Jalan Mangkubumi akan digunakan sebagai alternatif tempat parkir. Kebijakan ini ditempuh sebagai pengganti Alun-alun Utara yang pada saat liburan ini tak dapat dipakai parkir bus karena adanya Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).

Bus yang tidak kebagian parkir di Taman Parkir Ngabean, Senopati, dan Abu Bakar Ali dapat memanfaatkan bahu Jalan Mangkubumi. “Setidaknya 15- 20 bus dapat tertampung di badan Jalan Mangkubumi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya