SOLOPOS.COM - Media jalan di Jl Adisucipto,Solo (dok)

Media jalan di Jl Adisucipto,Solo (dok)

SOLO–Jalur lambat di kawasan persimpangan Fajar Indah, Jajar, Laweyan Solo akhir-akhir ini beralih fungsi menjadi jalur kendaraan motor dan mobil pribadi. Kenyataan itu disebabkan oleh melubernya antrean panjang kendaraan di jalur utama Jalan Adisucipto sebagai konsekuensi dari pemasangan median jalan keselamatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com Sabtu (21/1), kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai di depan Universitas Sahid Solo hingga perempatan Fajar Indah.

Pada jam-jam sibuk, yakni jam berangkat dan pulang kerja atau sekolah, antrean kendaraan meluber hingga ke jalur lambat di sisi utara.Akibatnya, kondisi jalur lambat kian rusak dan tak layak dilewati kendaraan becak atau sepeda kayuh sebagaimana peruntukan awalnya.

Kepadatan arus lalu lintas juga mengakibatkan kendaran roda empat harus menanti pergantian lampu traffic light dua hingga tiga kali.

Menurut pengakuan salah satu warga Colomadu, Karangnyar, Muttaqin, melubernya kendaraan hingga ke jalur lambat terjadi sejak dua bulan terakhir ini sebagai konsekuensi pemasangan median keselamatan jalan.

Sebelumnya, jalur lambat tersebut masih sepi lantaran pengendara lebih menerjang marka jalan di sisi kanan garis. “Setelah dipasang median jalan, pengendara akhirnya beralih ke jalur lambat. Sisi positifnya, tak lagi sering terjadi kecelakaan,” paparnya.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi
(Dishubkominfo) Kota Solo, Sri Baskoro mengakui jalur tersebut
merupakan jalur maut. Pemasangan median di jalur tersebut merupakan bagin dari upaya mengurangi angka kecelakaan yang diakibatnya pelanggaran pengendara.

“Dengan pemasangan media jalan, maka pengendara tak akan lagi bisa melintasi marka jalan yang sangat membahayakan itu. Dan mestinya, pengendara belajar tertib berlalu lintas,” paparnya.

Meski demikian, melubernya kendaraan pribadi ke jalur lambat sama sekali tak bisa dibenarkan. Sebab, fungsi utama jalur lambat ialah untuk kendaran becak dan sepeda kayuh.

(JIBI/SOLOPOS/Aries Susanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya