SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JK) (tengah) menerima kedatangan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kiri), di Jakarta Selatan, Sabtu (6/5/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ke-10 dan Ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) angkat bicara terkait pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut akan campur tangan (cawe-cawe) dalam urusan atau masalah menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024. 

Dia mengaku mendukung pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Ke-7 RI itu, sebab hal itu merupakan bentuk keinginan orang nomor satu di Indonesia dalam memastikan pemilu serentak 2024 berjalan aman. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau penjelasan yang ada cawe-cawe ini untuk menjaga demokrasi menjalankan pemilu yang jujur dan adil, sehingga sangat bagus. Jadi, kami harap tentu bisa dilaksanakan dengan baik,” tutur JK kepada wartawan di Gedung Krida Bhakti Kemensesneg, Selasa (30/5/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menegaskan apabila pernyataan dari Jokowi telah menegaskan keikutsertaannya dalam pesta politik tersebut adalah agar demokrasi berjalan dengan baik dan pemilu dilaksanakan secara jujur, bersihm dan adil (juberdil) maka dirinya akan mendukung.

“Tentunya akan kami dukung kalau untuk demokrasi,” ucapnya. Namun, dia melanjutkan cawe-cawe yang dilakukan Kepala Negara asal Surakarta itu agar dilakukan dengan batasan-batasan yang terukur, yaitu hanya berfokus dalam pelaksanaan demokrasi yang baik dan pemilu yang juberdil.

Selain itu, JK pun menilai bahwa afirmasi dari Kepala Negara pun dapat diartikan bahwa Jokowi akan menjalankan cawe-cawe tanpa melibatkan aparat pemerintah hingga Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saya juga membaca pemerintah akan menjaga agar aparat jangan campur tangan dalam pemilu kalau itu yang dijelaskan justru diharapkan itu tidak ikut campur dan aparat tidak campur hanya sebagai wasit itu yang kita dukung,” pungkas JK.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “JK Dukung Jokowi Cawe-Cawe Jelang Pemilu 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya