JK: bangun perumahan buruh

TANGERANG: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memerintahkan semua kawasan industri (industrial estate) dan PT Jamsostek untuk membangun perumahan khusus untuk karyawan (buruh).

"Saya perintahkan semua kawasan industri membangun perumahan untuk buruh sehingga buruh bisa menghemat biaya rumah dan ongkos transportasi," kata Wapres M Jusuf Kalla saat penyerahan kunci pertama perumahan khusus untuk karyawan Griya Puri SPSI di desa Sukatani, Rajeg, Tangerang, Banten, Kamis.

Perumahan khusus untuk buruh itu dibangun atas kerjasama SPSI dengan pengembang swasta.

Selain itu, Wapres juga memerintahkan PT Jamsostek, Menpera Yusuf Asy`ari, REI, Apindo, dan Pemda untuk membangun perumahan untuk buruh di sekitar industri.

Menurut Wapres, selama ini biaya terbesar yang dikeluarkan oleh para pekerja adalah untuk perumahan, transportasi dan makanan. Namun untuk makanan, pemerintah akan menjaga dan mengontrolnya. Dengan dibangunnya perumahan buruh di sekitar kawasan industri, kata JK, maka kesejahteraan buruh akan meningkat.

Sebelumnya Ketua Umum SPSI Syukur Sarto mengatakan, pembangunan perumahan khusus buruh itu dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dibangun 4.540 unit di lahan seluas 50 hektar. "Sekarang ini sudah jadi 34 unit rumah yang nanti kuncinya diserahkan Wapres," kata Syukur Sarto. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom