SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Pantai Parangtritis

JJLS akan merubah tatanan wilayah di Bantul

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul berencana membangun Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) sementara di sejumlah objek wisata, terutama TPR yang berada di Pantai Selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rencana tersebut menyusul kemungkinkan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) selesai lebih cepat.

Ekspedisi Mudik 2024

Sekretaris Dispar Kabupaten Bantul Jati Bayubroto mengungkapkan, pada tahun ini Dispar hanya memiliki anggaran untuk melakukan kajian pemindahan TPR di sejumlah objek wisata. Pihaknya kajian tersebut diharapkan rampung akhir tahun.

Mengingat pembangunan JJLS sendiri dijadwalkan dibuka 2018, jika proses pembangunan JJLS lebih cepat, mau tidak mau Dispar harus membuat TPR sementara. Karena sejumlah TPR berlokasi di utara JJLS. Apabila TPR tidak dipindah atau tidak dibuat TPR sementara, dipastikan pengguna JJLS bisa bebas memasuki kawasan wisata di Bantul tanpa dipungut retribusi.

“Itu masih rencana, kami akan berpacu dengan dibukanya JJLS, pemindahan TPR dan pembuatan TPR sementara, untuk mengamankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata, yang cukup besar,” kata dia, Selasa (21/2/2017).

Ia menambahkan, dengan dibangunnya JJLS di wilayah Bantul bagian selatan, akses menuju lokasi wisata semakin mudah dijangkau wisatawan. JJLS sekaligus mengenalkan objek wisata di Bantul yang selama ini belum dilirik masyarakat luas.

Apabila pendirian TPR sementara benar terlaksana, maka Dispar bakal mengajukan tambahan petugas. Pasalnya, jumlah petugas yang ada di sejumlah TPR saat ini dirasa kurang, sehingga minimal Dispar akan mengajukan penambahan 10 orang tenaga kontrak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya