SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

JJLS tahap kedua segera dimulai

Harianjogja.com, BANTUL-Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) tahap dua segera dimulai, tahapan ini diawali dengan digelarnya sosialisasi kepada masyarakat Sanden, Kretek dan Srandakan di Balai Desa Srigading, Sanden, Kamis (16/2/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sosialisasi tersebut diberikan oleh petugas Pejabat Pembuat Komitmen Satker Pelaksana Jalan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Aris Rudianto. Dan dihadiri oleh perwakilan desa yang terlewati oleh JJLS.

Lewat sosialisasi tersebut pihaknya menyampaikan, masyarakat bisa mengetahui bahwa rencana pembangunan jalur yang membentang hingga Kretek itu dimulai pada April dan selesai pada Oktober. Langkah pertama yang dilakukan adalah pengurukan dan pengerasan, selanjutnya jalan dibangun dan diaspal.

“Untuk sementara lebar jalan yang diaspal 7 meter, namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) sudah membebaskan lahan  dengan lebar 24 meter-26 meter. Kita akan lihat volume  kendaraan, sekiranya memang dibutuhkan pelebaran, lahannya sudah ada dan sudah ditalut pembatas sehingga memisahkan dengan lahan milik warga,” ungkapnya.

Total dana yang dikeluarkan kementerian untuk pembangunan JJLS tahap II ini sebesar Rp39,6 miliar, lebih kecil dibanding dana pembangunan JJLS tahap I yang membentang 5,05 Kilometer dan dua jembatan, memakan dana Rp44 miliar.

Pihaknya berharap proyek tersebut bisa berjalan dengan lancar. Dan setelah proyek selesai, maka wajah DIY akan terlihat lebih bagus, dilihat dari arah selatan.

Desa Srigading Wahyu Widodo menyebutkan, akses JJLS yang dibangun pada tahap II ini diyakini akan mampu memberikan dampak baik secara ekonomi ataupun kunjungan wisata. Menurut dia, semakin banyak orang yang lewat JJLS tentu akan berdampak baik bagi perekonomian warga dan juga kunjungan wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya