SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Jika tak hafal doa qunut, apa bacaan yang harus dilafalkan umat muslim ketika salat subuh?

Melafalkan doa qunut saat salat subuh hukumnya adalah sunah muakkad. Sebagaimana penjelasan Imam Al-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar berikut ini.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Qunut salat subuh disunahkan berdasarkan hadis shahih dari Anas bahwa Rasulullah SAW selalu qunut sampai beliau meninggal. Hadis riwayat Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba’in. Ia mengatakan, itu hadis shahih.”

Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, mengatakan tidak membaca doa qunut tak akan membatalkan salat. Namun, tetapi dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi, baik ditinggalkan secara sengaja maupun tidak. Akan tetapi, jika tak hafal doa qunut, umat muslim bisa membaca doa lainnya sebagai pengganti.

Baca Juga: Bolehkah Tidak Membaca Doa Qunut saat Salat Subuh? Ini Hukumnya Menurut NU

“Yang dimaksud dengan sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan untuk memperbaiki kekurangan, meskipun kekurangan tersebut dilakukan secara sengaja. Seperti meninggalkan tasyahud awal atau qunut dengan sengaja,” bunyi keterangan Syamsuddin ar-Ramli dalam kitab Nihayah al-Muhtaj.

NU berpendapat terkait tidak hafal doa qunut, sebenarnya bukanlah sebuah persoalan untuk tidak melaksanakan doa qunut pada saat salat subuh. Sebenarnya doa qunut pada saat salat subuh sudah dianggap cukup dengan melafalkan doa apa pun yang masih berbahasa Arab, meskipun doa tersebut bukan berasal dari Rasulullah.

Baca Juga: Hukum Tidak Salat Jumat karena Hujan Deras

“Kalimat doa qunut tidak tertentu pada redaksi khusus, sehingga tetap mencukupi atas bacaan qunut dengan membaca ayat yang mengandung doa, ketika doa tersebut diniatkan untuk qunut, seperti halnya pada akhir Surat al-Baqarah. Begitu juga bacaan qunut dianggap cukup dengan membaca doa-doa lain, meskipun tidak bersumber dari Rasulullah,” penjelasan Syekh Zainuddin al-Maliabari dalam kitab Fath al-Mu’in.

Salah satu bacaan yang bisa digunakan sebagai pengganti doa qunut saat salat subuh adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Doa agar Tidak Mudah Mengantuk saat Beraktivitas Menurut Islam

Rabbana atina fidduniyah hasanah, wafil akhirati hasanah waqinah azabannar.

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya