Tutup Iklan

Jika Kondisi Darurat, Wonogiri Aktifkan Lagi Tempat Isoter

Pengaktifan kembali tempat isoter di Gedung PGRI menyesuaikan kasus Covid-19.

 Halaman Gedung PGRI Wonogiri sudah tidak ada sarpras isolasi terpusat (isoter). Gedung tersebut sudah difungsikan seperti semula. Sebelumnya gedung dipakai sebagai tempat isolasi terpusat (isoter). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Halaman Gedung PGRI Wonogiri sudah tidak ada sarpras isolasi terpusat (isoter). Gedung tersebut sudah difungsikan seperti semula. Sebelumnya gedung dipakai sebagai tempat isolasi terpusat (isoter). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengaktifkan tempat isolasi terpusat (isoter) di Gedung PGRI Wonogiri lagi jika terjadi kondisi darurat. Sarana prasana (sarpras) sudah tersedia dan sewaktu-waktu dapat digunakan.

Bupati Wonogiri yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo, saat ditemui wartawan di Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (15/10/2021), menyampaikan pengaktifan kembali tempat isoter di Gedung PGRI menyesuaikan kasus Covid-19. Tempat isoter akan kembali difungsikan jika terjadi kondisi darurat seperti saat ada lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Juli-Agustus lalu.

Saat ini kasus Covid-19 melandai. Warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri juga termasuk sedikit. Oleh karena itu, dia belum mengaktifkan tempat isoter.

Baca Juga: Tak Diizinkan Orang Tua, Sebagian Siswa SMP di Wonogiri Tak Ikuti PTM

“Semoga saja kondisi terus membaik. Kami terus mempercepat vaksinasi. Sekarang mayoritas warga sudah divaksinasi [capaian 87,18 persen per Rabu (20/10/2021 pukul 12.00 WIB]. Saya yakin secara medis jika ada tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pun bakal tak fatal,” kata lelaki yang akrab disapa Jekek itu.

Dia melanjutkan sarpras isoter sudah tersedia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi bantuan sarpras isoter dalam jumlah banyak. Sarpras tersebut siap digunakan sewaktu-waktu untuk menunjang operasional tempat isoter. Saat ini sarpras masih disimpan di gudang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, sarpras isoter bantuan BNPB mencapai ribuan unit, seperti 500 buah kasur busa, 500 unit almari plastik, 500 buah bantal berbahan dakron, 1.000 potong sprei, dan 1.000 potong sarung banta. Selain itu 50 unit tabung oksigen berkapasitas 50 kg, 50 buah nasal masker, 500 buah regulator, 500 potong selimut, 500 unit tempat sampah, dan 500 unit, ranjang single bed berukuran 90 cm x 200 cm.

Baca Juga: Automatic Ozone Machine Bikin PTM di SDN II Butuhan Klaten Kian Nyaman

Selama tempat isoter belum difungsikan warga terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Bupati sudah menginstruksikan semua pihak terkait untuk mengawasi warga yang menjalani isolasi mandiri secara ketat. Langkah itu untuk memastikan tidak terjadi penularan Covid-19 yang lebih luas.

Saat difungsikan, tempat isoter di Gedung PGRI menampung warga dari enam kecamatan, meliputi Wonogiri, Selogiri, Ngadirojo, Wuryantoro, Manyaran, dan Eromoko. Data kasus Covid-19 yang dipublikasikan melalui website Pemkab, wonogirikab.go.id, pada Rabu (20/10/2021) pukul 21.00 WIB warga yang menjalani isolasi mandiri di enam wilayah tersebut sebanyak 39 orang.

Baca Juga: Projo Fasilitasi 1.400 Dosis Vaksinasi di Banyudono Boyolali

Dalam lingkup se-kabupaten, kasus aktif Covid-19 sebanyak 47 kasus. Hartono)


Berita Terkait

Espos Plus

Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Berita Terkini

Gelar Sarjana Tak Jamin Lulus Seleksi Perangkat Desa Gabus Sragen

Sejumlah lulusan SMA atau sederajat memiliki total skor cukup tinggi dibandingkan peserta lulusan perguruan tinggi dalam Seleksi Perangkat Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Sragen.

Misteri Peri Cantik Penggoda di TPU Bonoloyo Solo, Pernah Diisengin?

Ada mitos peri cantik penggoda di TPU Bonoloyo Solo yang kerap menyamar menjadi perempuang berbau wangi kamboja.

Sebelum Dibuang, Bayi Baru Lahir di Sukoharjo Dibekap Ibu Kandungnya

Dengan alasan malu karena telah melahirkan bayi hasil hubungan di luar nikah, seorang wanita berusia 20 tahun asal Nguter Sukoharjo tega membunuh anak kandungnya sendiri tersebut.

Kerap Picu Kecelakaan, Kerusakan Jalan Karangudi-Made Sragen Dikeluhkan

Kerusakan jalan Karangudi-Made, Ngrampal, Sragen, kerap memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dimeriahkan Jikustik, HUT ke-160 De Tjolomadoe Pecahkan Rekor MURI

Peringatan HUT ke-160, De Tjolomadoe dimeriahkan Jikustik dan hadirnya rekor baru dari MURI.

Ekspedisi Ekonomi Digital, Pelayanan Prima Artugo Mudahkan Pelanggan

Di era serba digital, keinginan konsumen dalam memperoleh barang rumah tangga dinilai semakin kompleks.

Seperti Reuni, 15 PGOT Terciduk Kumpul Bareng di Rumah Kosong Sukoharjo

Sebanyak 15 pengemis, gelandangan, dan orang telantar (PGOT) terciduk tengah berkumpul di sebuah rumah kosong di Gembongan, Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo.

Ekspedisi Ekonomi Digital, Ini Cara Pelaku UKM Menjadi Member BNI Xpora

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendorong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tengah merintis dan berminat meningkatkan kapasitas bisnis di pasar global.

Tersetrum, Buruh Bangunan di Klaten Alami Luka Bakar Hingga 30%

Seorang pekerja bangunan tersetrum listrik di proyek pembangunan rumah salah satu warga di Kecamatan Jatinom, Klaten. Korban selamat dari maut, namun ia mengalami luka bakar hingga 30 persen di tubuhnya.

Warung Seafood Legenda di Semarang Belum Garap Online, Begini Alasannya

Di saat banyak pelaku usaha berlomba-lomba mulai menggarap pasar online di era serba digital ternyata masih ada pengusaha kuliner yang belum tertarik menggarap online food.

Yuk, Belajar Bertani, Beternak dan Budi Daya Ikan di Taman Winasis Solo

Di Taman Winasis Kota Solo, pengunjung bisa menimba ilmu tentang pertanian urban, peternakan hingga perikanan.

Kampung Belanda Solo: Dulu Ada 150 Bangunan Kuno, Kini Hanya Separonya

Kampung Belanda di Solo yang kini dikenal Kampung Loji Wetan kini hanya menyisakan bangunan kuno sebanyak 75.

Round Up: 1 Ekskavator Tenggelam Sedalam 3 Meter di Rawa Jombor Klaten

Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling, Selasa (7/12/2021) siang.

Bisnis Kuliner Secara Online di Rumah Super Sempit, Kenapa Tidak?

Kisah sukses usaha kuliner secara online ini dialami Eko Suyanto, warga Dukuh Nglawu RT 002/RW 002, Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Catat! Terdapat Pemeliharaan Jaringan, Listrik Sukoharjo Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Kamis, 9 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Jadwal Pemadaman Listrik di Solo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Solo hari Kamis, 9 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.