SOLOPOS.COM - Kim Jong Un (Awdnews.com)

Solopos.com, PYONGYANG – Beredar kabar Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara, meninggal dunia setelah sakit keras beberapa hari terakhir. Jika kabar ini benar, lantas siapa pengganti sang pemimpin jika Kim Jong Un benar-benar meninggal?

Kabar ini berawal dari siaran televisi di Hong Kong yang dikutip banyak media ternama di China hingga Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak Ada Pilihan, Ini Langkah Korut Hadapi Wabah Virus Corona

Wakil direktur HKSTV Hong Kong Satellite Television, sebuah jaringan siaran yang didukung China di Hong Kong, mengklaim bahwa Kim Jong Un sudah meninggal dunia. Laporan tersebut mengutip sumber yang mengetahui kondisi Kim Jong Un.

International Business Times melaporkan kabar meninggalnya pemimpin tertinggi Korut itu juga tersebar di Weibo, media sosial terpopuler di China.

Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia Setelah Operasi

Jika kabar Kim Jong Un meninggal benar, siapa pengganti pria berusia 36 tahun tersebut?

Para pengamat percaya bahwa Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un, akan mengambil alih kuasa kakaknya.

Daily NK, Banyak ahli menepis gagasan bahwa wanita bisa menjadi pemimpin teratas di Korea Utara. Negara komunis didominasi pria dengan tradisi Konfusianisme yang kuat.

Sadis! Kim Jong Un Jatuhi Hukuman Mati Jenderal dengan Piranha

Di sisi lain, merujuk pola penerus kepemimpinan Korut selama ini, Kim Yo Jong, yang berusia 32 tahun, bisa menjadi pemimpin tertinggi Korut.

Kim Yo Jong dan Kim Jong Un belajar di Swiss bersama-sama sejak 1996 hingga 2000. Dia pertama kali masuk politik sebagai kader junior di Partai Buruh Korea pada 2007, dan sejak kakaknya menjadi pemimpin tertinggi di Korut pada 2011, jabatannya terus melonjak.

Saat ini Kim Yo Jong menjabat sebagai wakil direktur pertama dari Komite Pusat Partai Pekerja Korea. Ia pertama kali mendapatkan perhatian internasional pada 2018 saat mewakili negaranya di Olimpiade Musim Dingin Olimpiade PyeongChang, Korsel.

Kompak, Donald Trump dan Kim Jong Un Sebut Joe Biden Punya IQ Rendah

Pengganti Kim Jong Un

Kim Yo Jong semakin terlihat di publik, termasuk pertemuan antara Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura dan Vietnam.

Pada 17 Desember 2019, Yo Jong mengeluarkan perintah militer langsung pertamanya. “Ia menyerukan semua prajurit perempuan untuk tetap waspada dengan kondisi kerja dan kesehatan,” lapor Daily NK.

Pada bulan Maret tahun ini , dia mengeluarkan pernyataan publik pertamanya. Pernyataan Yo-jong keluar usai Korea Selatan protes penembakan dua rudal balistik Korea Utara.

Kim Jong Un Janjikan Kembali Bertemu Donald Trump

“[Peluncuran] tindakan untuk membela diri, tidak untuk mengancam siapa pun,” ujarnya mengutip Yonghap News.

Kim Yo Jon pengganti Kim Jong Un. (Istimewa)
Kim Yo Jon diprediksi jadi pengganti Kim Jong Un. (Istimewa)

Namun jika kabar Kim Jong Un meninggal benar, dan saudara perempuannya mengambil alih, kemungkinan tidak ada perubahan besar atau pelunakan dalam kebijakan luar negeri Korea Utara.

Sung Yoon Lee, seorang pakar Korea di The Fletcher School di Tufts University, mengatakan, “Sangat mungkin bahwa Kim Yo Jong akan membuktikan bahkan lebih kejam daripada saudara laki-laki atau ayah atau kakeknya.”

“Dia juga akan menunjukkan keberaniannya dengan memprovokasi AS dengan uji senjata dan serangan mematikan terhadap Korea Selatan dan pasukan AS yang ditempatkan di sana,” kata Sung lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya