SOLOPOS.COM - Gerai Batik Nusa Indah di Sheraton Mustika Jogja Resort & Spa. (Foto istimewa)

Dalam ajang ini bakal ditampilkan berbagai koleksi batik nusantara yang nanti diambil dari museum batik di Indonesia.

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY berupaya untuk mempertahankan predikat Jogja sebagai Kota Batik Dunia yang telah disandang sejak 2014 silam. Sebuah event batik bertaraf dunia bertajuk Jogja International Batik Biennale (JIBB) akan digelar pada tanggal 12 hingga 16 Oktober 2016 mendatang di Gedung Jogja Expo Center, Jalan Janti, Banguntapan, Bantul.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Perhelatan dengan tema Tradition for Innovation 2016 itu diharapkan mampu mendongkrak nilai ekonomi batik utamanya perajin batik asal DIY.

Asisten Bidang Keistimewaan Setda DIY Didik Purwadi menjelaskan, event bertaraf internasional itu akan dipusatkan di Gedung JEC yang berlokasi di Jalan Janti, Banguntapan Bantul. Pihaknya akan menampilkan berbagai koleksi batik nusantara yang nanti diambil dari museum batik di Indonesia. Berbagai jenis batik baik lokal maupun nasional akan dipamerkan dalam acara tersebut.

“Sehingga masyarakat diharapkan bisa datang lalu belajar memahami karakter berbagai jenis batik,” terangnya dalam konferensi pers di Kantor Dekranas DIY, Rabu (21/9/2016).

Selain itu, lanjutnya, akan ditampilkan lukisan batik karya Nasirun. Pengunjung juga bisa belajar membatik dengan cara yang baik dan benar serta hasilnya maksimal. “Pengunjung bisa melihat bagaiman proses membatik,” kata dia.

Pihaknya memastikan, selain seluruh batik lokal Jogja, beberapa koleksi dari kota lain di Indonesia juga dihadirkan. Antara lain, batik Cirebon, Pekalongan dan batik lainnya di seluruh nusantara.

Dalam event tersebut, panitia tidak sekedar menyajikan pameran namun juga ada edukasi tentang batik melalui simposium dengan menghadirkan tamu dari luar negeri. Antara lain yang dijadwalkan hadir yaitu, Presiden Word Craft Council Asia Pasific Region Ghada Hijjawi Qaddumi. Tamu dari berbagai negara akan diajak mengulas batik yang ada di Jogja. Sekaligus mengunjungi museum batik di Imogiri, Bantul yang sarat dengan nilai budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya