SOLOPOS.COM - Logo Liga Utama Jepang

Solopos.com, JAKARTA  – Kompetisi Liga Utama Jepang atau Meiji Yasuda J1 League 2022 telah memasuki pekan ke-22. Persaingan ketat tidak hanya di lapangan, namun juga terjadi pada dukungan produsen jersey bagi tim yang berlaga.

Berdasarkan data dari J.League, Rabu (27/7/2022), terdapat produsen jersey dari tiga negara yang cukup dominan dalam mendukung 18 peserta Liga Utama Jepang musim ini.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Produsen jersey asal Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat jadi yang paling dominan dengan masing-masing menjadi produsen jersey lima klub, ditambah dua produsen dari Inggris dan satu dari Brazil,” demikian pernyataan J.League dikutip Antara.

Puma yang merupakan produsen asal Jerman menjadi yang terdepan soal hal ini dengan jadi produsen jersey di empat klub sekaligus yaitu Kawasaki Frontale, Shimizu S-Pulse, Kyoto Sanga, Cerezo Osaka. Puma juga jadi produsen jersey tersukses beberapa tahun terakhir dengan Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League empat kali dalam lima musim terakhir.

Baca Juga: Jersey Persik Kediri Musim Ini Buatan DJ Sport, Berapa Harganya?

Raksasa produsen jersey asal Jerman lainnya, Adidas, hanya menjadi produsen jersey satu klub yaitu Yokohama F. Marinos, satu-satunya klub yang jadi juara selain Kawasaki Frontale dalam lima musim terakhir.

Saingan terbesar Jerman hadir dari Amerika Serikat melalui dua produsen jersey mereka yakni Nike dan New Balance. Nike berada di belakang Puma dengan menjadi produsen jersey tiga klub: Kashima Antlers, Urawa Red Diamonds, Sanfrecce Hiroshima.

Baca Juga: Jersey dengan Sponsor Terbanyak di Liga 1 2022/2023, Mana Paling Ramai?

Sedangkan New Balance sebagai salah satu pemain baru di dunia jersi sepak bola menjadi produsen jersey untuk Sagan Tosu dan F.C.Tokyo.

Selain Jerman dan Amerika Serikat, juga ada lima klub yang memiliki produsen jersey dari perusahaan lokal Jepang. Vissel Kobe jadi satu-satunya klub yang mengenakan jersi buatan pabrikan Asics.

Baca Juga: Daftar Nomor Punggung Pemain Persis Solo Musim Ini, No. 17 Dipensiunkan

Selain dari tiga negara tersebut, ada dua tim yang mengenakan seragam dari produsen jersey asal Inggris. Satu tim terakhir, Shonan Bellmare, mengenakan produk asal Brasil.

Berikut ini daftar produsen jersey pendukung klub di Liga Utama Jepang (Meiji Yasuda J1 League) 2022:

ADIDAS (Jerman)
Yokohama F. Marinos

PUMA (Jerman)
Kawasaki Frontale, Shimizu S-Pulse, Kyoto Sanga, Cerezo Osaka

NIKE (Amerika Serikat)

Kashima Antlers, Urawa Red Diamonds, Sanfrecce Hiroshima

NEW BALANCE (Amerika Serikta)
Sagan Tosu, F.C.Tokyo

ASICS (Jepang)
Vissel Kobe

MIZUNO (Jepang)
Hokkaido Consadole Sapporo, Nagoya Grampus

YONEX (Jepang)
Kashiwa Reysol, Avispa Fukuoka

ADMIRAL (Inggris)
Jubilo Iwata

UMBRO (Inggris)
Gamba Osaka

PENALTY (Brasil)
Shonan Bellmare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya