SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyidik KPK (JIBI/Bisnis/Rahmatullah)

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Bagian (Kabag) Akuntansi Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dwi Harsono, dipanggil tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk tersangka Menteri ESDM non aktif, Jero Wacik.

Dwi Harsono akan diperiksa mengenai ?perkara dugaan tindak pidana korupsi dengan pemerasan untuk menaikkan Dana Operasional Menteri (DOM) di Kementerian ESDM. Kasus ini telah menjerat Jero Wacik yang juga Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut sebagai tersangka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Bagian Pemberi?taan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di Gedung KPK Jakarta, Senin (22/9/2014). ??”Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka JW,” tukasnya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Jero Wacik sebagai tersangka sejak 2 September 2014. KPK menduga modus yang digunakan Jero Wacik dalam melakukan korupsi adalah memerintahkan anak buahnya untuk menambah dana operasional menteri (DOM). Salah satunya dengan cara menggelar rapat-rapat yang sebagian besar merupakan rapat fiktif.

Selain itu, selama menjadi Menteri ESDM, Jero melalui Waryono Karno (Sekjen Kementerian ESDM saat itu) dan bawahannya yang lain diduga memeras sejumlah rekanan pengadaan di kementerian tersebut. Terhitung sejak 2011 hingga 2013, total uang yang diperoleh Jero Wacik dari pemerasan itu mencapai Rp 9,9 miliar.

Menurut KPK, kasus dugaan pemerasan yang menjerat Jero tidak lepas dari penyelidikan terhadap hasil pengembangan penyidikan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Rubiandini. Rudi tertangkap tangan setelah menerima suap US$400.000 dari Komisaris Kernel Oil Pte Ltd, Simon Gunawan Tanjaya, pada 14 Agustus 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya