SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GDANSK — Jerman membuktikan keperkasaannya dalam laga perempat final Piala Eropa 2012 melawan Yunani. Tim berjuluk Der Panzer ini menaklukkan kesebelasan Ethniki, julukan Yunani, dengan skor 4-2 untuk melaju ke semifinal tanpa terkalahkan.

Gol Jerman diciptakan Philipp Lahm di menit ke-39, Khedira (60), Klose (68) dan Reus (74). Dua gol balasan Yunani dilesakkan Samaras di menit ke 54 dan penalti Salpingidis di menit ke 89.

Sepanjang pertandingan, Jerman praktis mengurung Yunani. Sejumlah peluang gol gagal berbuah angka. Namun sepakan melengkung Lahm membuat Jerman mengungguli Yunani dengan skor 1-0.

Bermain di PGE Arena, Sabtu (23/6/2012) dinihari WIB, Jerman langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pergerakan Marco Reus dari sisi kanan diakiri dengan umpan ke dalam kotak penalti. Tapi Miroslav Klose yang berdiri bebas gagal menjangkaunya dan bola dibuang oleh pemain belakang Yunani.

Semenit kemudian, Jerman berhasil membobol gawang Yunani. Andre Schuerlle menyambar bola muntah hasil sepakan Sami Khedira. Namun hakim garis lebih dulu mengangkat bendera karena Klose terjebak offside.

Yunani melakukan serangan balik. Grigoris Markos mencoba melepaskan tembakan. Tapi tendangannya masih terlalu lemah dan Manuel Neuer tak kesulitan untuk mengamankan bola.

Jerman kembali mendapat peluang bagus di menit ke-11. Reus meneruskan umpan Khedira dengan sebuah tembakan. Namun bola masih belum menemui sasaran.

Sepakan Ozil menuntaskan kerja sama yang rapi antara Reus dan Klose, namun masih mampu ditepis oleh Sifakis dan bola kemudian dihalau keluar oleh pemain belakang Yunani.

Sifakis kembali menyelamatkan gawang Yunani. Kali ini tembakan Reus berhasil ia tepis dan menghasilkan sepak pojok untuk Jerman.

Yunani mencoba membangun serangan. Sotiris Ninis yang bergerak dari sisi kanan melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi Neuer masih bisa menghalaunya.

Jerman mendapat peluang bagus di menit ke-32. Khedira melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tapi masih mampu diblok oleh Sifakis.

Jerman memecah kebuntuan di menit ke-39. Tembakan melengkung Philipp Lahm dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau oleh Sifakis. Jerman 1 Yunani 0.

Di babak kedua, Jerman langsung menggebrak. Sejumlah serangan terus dilakukan sepanjang lima menit pertama, sekalipun tak satu gol pun dihasilkan. Bahkan serangan balik Yunani di menit ke 52, nyaris membuahkan gol jika saja Neur tidak segera menghadang bola yang meluncur deras ke arah gawangnya.

Menit ke 54 serangan balik Yunani benar-benar menggetarkan gawang Neur. Kerja sama agresif Ninis, Salpingidis dan Samaras akhirnya menyeimbangkan kedudukan Jerman-Yunani.

Berawal dari umpan keras mendatar Ninis, bola langsung dibawa lari kencang Salpingidis dari sebelah kiri pertahanan Jerman. Masuk ke kotak penalti, bola langsung diumpan matang ke muka gawang dan disambar Samaras. Yunani 1, Jerman 1.

Hanya butuh waktu enam menit, Jerman kembali unggul. Pada menit ke 60 tembakan first time Sami Khedira dari luar kotak penalti gagal diblok kiper Yunani Sifakis.

Klose menambah pundi-pundi gol Jerman pada menit ke 68. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Ozil dari sebelah kiri pertahanan Yunani, bola yang melambung di depan gawang langsung disundul Klose dan gagal diblok Sifakis. 3-1 untuk Jerman.

Reus kembali memperbesar keunggulan Jerman di menit ke 74. Serangan yang dirancang dari belkang, bola diumpankan kepada Ozil dan langsung disorongkan kepada Klose yang tinggal berhadapan dengan Sifakis.

Tendangan keras Klose berhasil dihadang, namun bola mental ke depan. Bola rebound langsung disambar Reus dan menggetarkan kembali jala gawang Yunani, 4-1untuk Jerman.

Di menit akhir, Yunani mendapat hadiah penalti, setelah Boateng menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Salpingidis yang mengeksekusi, sukses mengecoh Neur, gol kedua bagi Yunani. Kedudukan akhir 4-2.
JIBI/SOLOPOS/dtc/Mulyanto Utomo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya