SOLOPOS.COM - Ilustrasi traveling Jepang. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Jepang segera meluncurkan paspor vaksin. Paspor vaksin yang diperuntukkan pelancong Jepang itu akan diluncurkan mulai bulan depan.

Sejatinya, pemerintah di seluruh dunia bereksperimen meluncurkan kembali perjalanan wisata dan bisnis. Paspor vaksin yang diterbitkan untuk para pelancong adalah cara Jepang untuk menjawab tantangan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Sadari, Zodiak Ini Mungkin Jatuh Cinta Karena Uang!

"Kami sedang mempersiapkan untuk mengeluarkan sertifikat vaksinasi bagi mereka yang membutuhkannya, ketika mereka mengunjungi negara asing," kata juru bicara pemerintah Katsunobu Kato dilansir dari Channel News Asia.

Sertifikat Jepang tersebut akan berbasis kertas daripada digital dan akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah mulai bulan depan.

Paspor Vaksin Digital

Sementara itu, Uni Eropa sedang mengerjakan paspor vaksin digital untuk musim panas ini sehingga dapat menyambut kembali wisatawan yang sangat dibutuhkan, dan beberapa negara UE berencana untuk memperkenalkan sertifikat di tingkat nasional. Versi UE akan menampilkan informasi tentang apakah seseorang telah divaksinasi atau memiliki virus, dites negatif, dan pulih.

Bulan lalu, Washington mengatakan pihaknya juga mempertimbangkan dokumentasi khusus untuk warga Amerika yang divaksinasi yang ingin bepergian ke luar negeri. Tetapi gagasan itu kontroversial di beberapa tempat, dengan negara bagian AS yang konservatif seperti Florida dan Texas menolak gagasan dokumen perjalanan vaksin sebagai pelanggaran hak-hak dasar masyarakat.

Baca Juga: Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Di Jepang, pejabat perusahaan sangat tertarik dengan dokumen vaksin yang akan membantu membangun kembali perjalanan bisnis.

Peluncuran vaksin Jepang dimulai relatif lambat, tetapi telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Lebih dari enam persen dari populasi saat ini divaksinasi lengkap. Perbatasan negara ditutup untuk hampir semua kedatangan asing, meskipun aturannya akan dilonggarkan untuk Olimpiade, yang dibuka di Tokyo pada 23 Juli.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya