SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo–Jepang, salah satu negara donor terbesar Palestina, mengatakan menyambut baik pengumuman Israel yang akan mencabut blokadenya atas Jalur Gaza yang dilanda kemiskinan.

“Pemerintah Jepang menyambut keputusan pemerintah Israel untuk mengizinkan barang-barang sipil memasuki Jalur Gaza sebagai tindakan baik dan akan memberi perhatian dari dekat bagaimana keputusan itu akan dilaksanakan secara detil,” kata kementerian luar negeri dalam pernyataannya Senin malam (21/6).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya pemerintah Israel mengatakan, pihaknya akan mengizinkan semua barang sipil yang dilarang masuk ke Gaza, sementara itu masih mencegah senjata-senjata dan barang-barang tertentu dengan kegunaan ganda untuk masuk ke wilayah Palestina yang dikuasai Hamas itu.

Kebijakan baru itu merupakan tanggapan atas banyaknya seruan internasional untuk mencabut pengepungan yang dilakukan Israel selama empat tahun terhadap wilayah pantai, setelah pasukan negara Yahudi itu menewaskan sembilan aktivis saat menyerang armada kapal bantuan kemanusiaan yang berusaha menerobos blokade Gaza pada 31 Mei.

“Jepang dengan tulus berharap keputusan Israel tersebut akan cepat dilaksanakan dan pelaksanaan proyek-proyek Jepang akan dilanjutkan,” kata kementerian itu, merujuk pada bantuan hibah Jepang untuk kawasan Gaza.

“Jepang menandaskan, dalam menyoroti masyarakat dan kondisi hidup mereka di Jalur Gaza, adalah penting bahwa blokade itu akan dicabut sementara pencegahan terhadap masuknya senjata ke Jalur Gaza akan dijamin.”Jepang telah  memberikan sekitar satu miliar dolar AS kepada Palestina sejak 1993.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya