SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo (Solopos.com) — Jepang bersikeras mempertahankan tingkat bahaya akibat kecelakaan nuklir pada level 4 pada skala 7. Jepang tidak menggubris statemen Prancis yang berpendapat kecelakaan di PLTN Fukushima berada di level 6.

“Tidak ada diskusi di sini tentang meningkatkan rating kecelakaan nuklir internasional untuk PLTN Fukushima,” kata seorang pejabat di Badan Keselamatan Nuklir dan Industri Jepang kepada AFP, Selasa (15/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PLTN Fukushima No 1 terletak 250 km timur laut Tokyo mengalami ledakan dan kebakaran di empat dari enam reaktornya sejak gempa dan tsunami Jumat 11 Maret. Radius bahaya telah diperluas menjadi 30 km.

Sebelumnya, kepala Otoritas Keselamatan Nuklir (ASN) Prancis Andre-Claude Lacoste menyatakan, kondisi kecelakaan nuklir di Fukushima jauh berbeda dengan situasi kemarin. Karena itulah dia memandang kecelakaan itu berada di level 6, satu kelas di bawah 7. Level 7 misalnya bencana kebocoran reaktor nuklir Chernobyl di Ukraina.

“Tingkat kegawatan telah berubah,” ujar Lacoste. Untuk mengenal level bencana kecelakaan nuklir.

detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya