SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gunung Merapi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Jenis burung yang hidup dan berkembang di kawasan lereng Gunung Merapi pascaerupsi 2010 bertambah dan saat ini masing-masing terus berkembang.

Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Asep Nia Kurnia, mengatakan dari hasil pendataan beberapa waktu lalu jenis burung yang hidup di kawasan hutan TNGM di Sleman, Boyolali, Klaten dan Magelang sebanyak 164 jenis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebelum erupsi Gunung Merapi 2010, jenis burung terdata sebanyak 154 jenis. Kemudian menurun drastis menjadi 97 akibat dampak erupsi. Ini artinya, ekosistem di TNGM sudah mulai pulih,” katanya.

Menurut dia, bertambahnya jenis burung di kawasan lereng Merapi ini ternyata juga meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke TNGM, khususnya mereka pengamat burung dan penghobi foto burung liar.

“Sekarang sedang ngetren penghobi foto burung liar di hutan. Selain mereka berburu foto burung, juga ada pengamat burung yang melakukan penelitian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya