SOLOPOS.COM - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (Gridoto)

Solopos.com, SOLO — PT Pertamina memasarkan beberapa jenis bahan bakar minyak atau BBM untuk kendaraan di Indonesia. Adapun jenisnya mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Masing-masing jenis BBM digunakan untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat. Untuk Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo digunakan untuk kendaraan bermesin biasa, sedang Dexlite dan Pertamina Dex untuk kendaraan bermesin diesel.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Dari beberapa jenis bahan bakar minyak produk Pertamina yang dijual di pasaran memiliki harga tersendiri dan kandungan oktan berbeda. Berikuti harga BBM, efek samping dan keiritan masing-masing jenis BBM dikutip dari Pertamina.com, Gridoto.com, Autofun.com.

Baca juga: Begini Efeknya Pertamax Dicampur Pertalite Untuk Kendaraan, Parah Bro!

Pertalite

Harga Pertalite saat ini untuk Pulau Jawa Rp7.650 per liter. Jenis BBM ini memiliki angka oktan 90 dengan tambahan additive dan tidak memiliki kandungan timbal membuatnya mampu menempuh jarak yang lebih jauh.

Namun Pertalite hanya digunakan untuk kendaraan di bawah 125 cc atau rasio kompresi 9:1 hingga 10:1. Jika dipakai untuk kendaraan di aras rasio kompresi tersebut akan ngelitik. Rata-rata konsumsi BBM dapat mencapai 51 km per liter.

Pertamax

Harga Pertamax di Pulau Jawa Rp9.000 per liter, digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi 10,5:1 hingga 11:1. Efek samping menggunakan Pertamax mesih akan lebih bersih sehingga gas buang lebih ramah lingkungan.

Namun efek samping penggunaaan Pertamax dalam jangka lama adalah membuat tangki motor menipis, hal ini dikarenakan zat aditif yang lebih banyak serta nilai ron yang besar. Penggunaan 1 liter Pertamax jarak rata-rata yang dapat ditempuh adalah 39,8 km.

Baca juga: Apa Beda Pertamax Plus dan Pertamax Turbo

Pertamax Turbo

Harga Pertamax Turbo di Pulau Jawa saat ini Rp14.500 per liter, direkomendasikan untuk kendaaraan dengan rasio kompresi 12:1 hingga 13:1 atau yang sudah disematkan turbocharged. Penggunaan pada gigi empat Pertamax Turbo mampu menempuh 18,97 km per liter.

Memiliki angka oktan atau RON 98 mengurangi resiko kerusakan mesin karena mengandung Ignition Boost Formula (IBF) yang membuat pembakaran bahan bakar minyak menjadi lebih optimal. Jangan coba-coba menggunakan motor di bawah rasio kompresi tersebut bisa boros dan mesin ngelitik.

Dexlite

Kandungan cetane pada Dexlite angkanya 52 dan kandungan sulfurnya maksimal 1200. angka cetani yang tinggi membuat sistem pembakaran lebih baik, juga menambah tenaga pada mesin. Kandungan sulfur di angka 52, membuat mesin dan emisi atau gas buang lebih bersih.

Dexlite harga per liternya saat ini Rp12.950 untuk Pulau Jawa. Untuk penggunaan 1 liter Dexlite rata-rata kendaraan mampu menembuh jarak 16 km sampai 20 km, sedangkan untuk solar hanya 12 km sampai 14 km.

Baca juga: Ini Daftar Harga Terbaru Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex

Pertamina Dex

Harga Pertamina Dex saat ini di Pulau Jawa Rp13.700 per liter. BBM ini memiliki angka cetane 53, kandungan sulfur maksimal 300. Kandungan cetane yang lebih tinggi menjadikan mesin lebih bertenaga.

Sementara kandungan sulfur yang rendah pada Pertamina Dex membuat bahan bakar ini menjadi lebih ramah lingkungan. Pengunaan Pertamina Dex untuk mobil MPV mampu menempuh jarak 14-15 km per liter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya