SOLOPOS.COM - Arsip Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga. (Foto : Pentak Lanud Adisutjipto) (antara)

Solopos.com, JAKARTA — Jenazah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II TNI, Marsekal Muda TNI Novyan Samyoga, dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022).

Bendera Merah Putih dikibarkan setengah tiang menyambut kehadiran jenazah di TMP Kalibata. Inspektur Jenderal TNI Letnan Jenderal TNI (Marinir), Bambang Suswantono, bertindak sebagai inspektur upacara pada pemakaman jenazah perwira tinggi TNI Angkatan Udara berlatar belakang penerbang tempur itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemakaman dihadiri mantan Wakil Presiden Prof. Dr Boediono dan istri Herawati Boediono, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan istri Hetty Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman.

Samyoga pernah menjadi ajudan Boediono saat menyandang pangkat Kolonel Penerbang. Proses pemakaman jenazah mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AU dan Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara I Kohanudnas TNI itu juga membacakan riwayat hidup almarhum dan apel persada.

Novyan Samyoga lahir di Jakarta pada 15 November 1967. Dia menikah dengan Dian Puspita Sari dan dikaruniai tiga anak, yaitu M. I. Goldi Prayoga, Fadhilah Adinda Larasati, dan M. Akbar Wirayoga.

Baca Juga : Kabar Duka, Pangkogabwilhan II Marsekal Muda TNI Novyan Samyoga Meninggal

Samyoga yang merupakan lulusan Akademi TNI AU pada 1989 dan SMA Negeri I Jakarta itu meninggal dunia di RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto, Senin (3/10/2022) pukul 19.40 WIB. Ia sempat menjadi komandan Pangkalan TNI AU Soepadio di Pontianak.

Saat bertugas di Pontianak itu dia menggagas Pontianak Air Show sekaligus menyiapkan operasionalisasi skuadron udara unmanned aerial vehicle (UAV).

Seorang yang Kalem & Cerdas

Ia juga pernah menjadi komandan Pangkalan Udara TNI AU Adi Soetjipto di Yogyakarta dan sempat memimpin delegasi TNI AU dengan Jupiter Air Show pada Singapore Air Show di Singapura.

Jabatan terakhir Novyan Samyoga adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI II.

Baca Juga : Profil Marsekal Muda Novyan Samyoga, Pernah Menjadi Ajudan Wapres Boediono

Boediono menyatakan Samyoga sebagai ajudan bekerja dengan sangat baik. “Almarhum salah satu ajudan saya. Bekerja dengan sangat baik dan cakap. Setelah itu kariernya menanjak. Saya terkesan saat berjumpa pertama dengan almarhum. Seorang yang kalem,” kata Boediono.

Andika Perkasa menyatakan Samyoga sebagai prajurit yang cerdas sehingga ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Pangkogabwilhan II.

“Beliau orang yang sangat cerdas dan Presiden [Joko Widodo] tidak salah pilih menjadikan beliau sebagai Panglima Kogabwilhan II. Yang memilih beliau sebagai Panglima Kogabwilhan II itu Presiden,” tutur Andika.

Dia mengenang pertemuan terakhirnya dengan Samyoga saat melakukan persiapan KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu.

“Interaksi terakhir kami Jumat lalu. Kami di Bali menghadapi persiapan KTT G20. Namanya tactical floor game. Beliau sebagai Panglima [Kogabwilhan II] dan saya sebagai penanggung jawab. Melakukan persiapan satu hari dan itu terakhir. Saya kira kami semua bangga, pernah memiliki Panglima Kogabwilhan II seperti beliau,” ungkap Andika.

Baca Juga : Indonesia Hanya Punya 3 Jenderal Bintang 5 lo, Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya