Jenazah Eks Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Dimakamkan di Batu

Achmad Yurianto yang pernah menjabat sebagai Juru Bicara Covid-19 tutup usia setelah sekian lama berjuang melawan sakit kanker usus.

 Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers. (Antara/Sigid Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers. (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA – Jenazah mantan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto yang wafat, Sabtu (21/5/2022), akan dimakamkan di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022).

Hal itu dikonfirmasi Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Bersama ini kami sampaikan bahwa benar Bapak Achmad Yurianto telah berpulang. Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian beliau. Hari ini Indonesia kehilangan salah satu putra bangsa terbaiknya,” kata Ghufron Mukti melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu malam.

Achmad Yurianto yang juga Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan sekaligus pernah menjabat sebagai Juru Bicara Covid-19 RI tutup usia setelah sekian lama berjuang melawan sakit kanker usus.

Baca Juga: Innalilahi, Mantan Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Berpulang

Ghufron mengatakan sepanjang hidup almarhum telah banyak memberikan kontribusi dan dedikasi yang luar biasa di berbagai bidang, termasuk dalam penyelenggaraan sistem jaminan kesehatan.

Menurut Ghufron, almarhum dikenal sebagai sosok yang sangat bijak, rendah hati, bersahabat, profesional dan berintegritas tinggi dalam bekerja.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan empati seluruh pihak, termasuk rekan-rekan media, terhadap almarhum,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Ghufron mengajak masyarakat untuk sejenak memanjatkan doa bersama agar almarhum dapat beristirahat dengan tenang di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Harap Pelaku Perjalanan Jauh Sukarela Tes PCR

Sebelumnya diberitakan, mantan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto wafat, Sabtu (21/5/2022), karena menderita kanker usus stadium akhir.

Kali terakhir, almarhum Achmad Yurianto menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Sekretaris Direktorat Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, membenarkan Achmad Yurianto meninggal karena menderita kanker usus stadium akhir.

“Almarhum wafat karena kanker usus, lalu stadium akhir. Jadi banyak komplikasinya,” kata Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu malam, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Kemenkes: Scuba dan Buff Bukan Masker, Jangan Dipakai!

Nadia mengatakan salah satu komplikasi yang dialami almarhum adalah multiple stroke hingga perlu menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto Jakarta sejak pertengahan April 2022.

Dalam pernyataannya Nadia menyampaikan duka cita mendalam serta meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk memaafkan segala kekhilafan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI itu semasa hidup.

Dikonfirmasi secara terpisah, Direktur BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan Achmad Yurianto yang menjabat Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan masa jabatan 2021-2026 itu sempat menjalani perawatan intensif di RSUD Syaiful Anwar Malang sebelum akhirnya dikonfirmasi meninggal pukul 18.58 WIB.

Baca Juga: Wiku Adisasmito Gantikan Achmad Yurianto Jadi Juru Bicara Satgas Covid-19

“Seluruh Direksi, Dewan Pengawas dan Duta BPJS Kesehatan sangat kehilangan atas berpulangnya Bapak Achmad Yurianto, Ketua Dewas,” katanya.

Jenazah almarhum dibawa ke kediaman Jalan Ir Soekarno 31 Kota Batu, Malang untuk disemayamkan.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

+ PLUS Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Di Indonesia, becak juga masih banyak ditemukan di kota-kota besar.

Berita Terkini

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Di Indonesia, becak juga masih banyak ditemukan di kota-kota besar.

Sunny Tanuwidjaya, Eks Staf Ahok, Kini Dukung Anies Baswedan

Profil Sunny Tanuwidjaja bukanlah sosok baru di dunia perpolitikan khususnya Jakarta.

Hutan Berbasis Kaveling untuk Mitigasi Dampak Buruk Industrialisasi

Komunitas Jatiwangi art Factory yang berbasis di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat pada pekan lalu meluncurkan Perusahaan Hutan Tanaraya atau Perhutana.

Pengamat Ungkap Peluang KIB Bisa Menang di Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki peluang untuk memenangkan Pemilu 2024. 

Sah, Muktamar Muhammadiyah Digelar Luring dan Penggembira Boleh Hadir

Pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Kota Solo, November 2022, digelar luring dan penggembira boleh menghadiri muktamar.

RI Tak Ambil Tambahan Kuota Haji 10.000, Ini Alasannya

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengatakan bahwa penambahan kuota itu hanya diperuntukkan bagi jemaah haji reguler sehingga dari sisi waktu tidak memungkinkan.

FHB Universitas Duta Bangsa Solo Adakan Kunjungan Instansi ke Kemenag

FHB Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo melakukan kunjungan instansi dan kuliah pakar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo.

Papua Dipecah 3 Provinsi, RI Kini Miliki 37 Provinsi

Komisi II DPR RI menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang mengatur perihal 3 provinsi baru di Indonesia sehingga akan ada 37 Provinsi di Tanah Air secara keseluruhan.

Rektor Unissula Semarang Usulkan Capres Pemersatu Bangsa, Ini Alasannya

Melihat kondisi sosial politik saat ini, Unissula berpandangan bahwa pasangan capres mendatang mesti mampu mencerminkan sebagai simbol pemersatu bangsa.

Wakil Ketua Banggar Terjatuh Seusai Laporkan Draf RAPBN 2023 ke Puan

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) Anggota DPR Komisi XI Fraksi Partai Golongan Karya Muhidin Mohammad Said terjatuh dalam Rapat Paripurna ke-26 DPR,

Definisi Keberuntungan Tingkat Dewa Ala Pendaki Gunung Kerinci

Seekor kelinci belang sumatra (Nesolagus netscheri) yang terancam punah tiba-tiba menghampiri pendaki Gunung Kerinci. Momen istimewa itu pun diabadikan melalui sebuah video yang diunggah pendaki ke media sosial.

Iduladha, Arab Saudi Tetapkan 9 Juli 2022, Indonesia 10 Juli 2022

Arab Saudi juga menetapkan awal Dzulhidjah pada 30 Juni 2022, dan hari wukuf arafah pada 8 Juli 2022.

Jokowi akan Bertemu Vladimir Putin, Hal-Hal Ini yang akan Dibahas

Seusai mengunjungi Kiev, Ukraina pada Rabu (29/6/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan ke Moskow, Rusia bertemu Vladimir Putin.

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Solopos Hari Ini: Misi Perdamaian Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Mariinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022). Ini menjadi sejarah baru Indonesia membawa misi perdamaian di Eropa timur.

Metal Progresif Peraih Grammy Awards Segera Bergema di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.