SOLOPOS.COM - Boneka mirip barbie di salah satu makam Bong Mojo Solo yang dibongkar, Rabu (23/10/2019). (Istimewa/Disperum KPP Solo)

Solopos.com, SOLO -- Jenazah berbaju pengantin di salah satu makam Bong Mojo, Jebres, Solo, diperkirakan sudah bertahun-tahun dimakamkan. Hal itu terlihat dari kondisi jenazah yang sudah tinggal kerangka.

Namun, boneka mirip barbie yang ditemukan bersama jenazah perempuan itu masih utuh dan terlihat bersih. Jenazah bersama bonekanya itu ditemukan petugas penggali makam Bong Mojo, Jebres, Solo, saat pembongkaran makam untuk direlokasi, Rabu (23/10/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kondisi jenazah itu membuat mereka yang menyaksikan proses pembongkaran merinding. Bukan karena takut pada hal-hal mistis, tapi karena itu memicu kembali ingatan tentang mendiang semasa hidup.

Mereka yang rata-rata sudah berumur tua ingat boneka yang ikut dikuburkan itu merupakan benda kesayangan mendiang dan sering dibawa ke mana-mana semasa hidup.

Kuota Lowongan CPNS Sragen 2 Kali Lipat Dari Usulan, Kok Bisa?

Sayangnya, identitas jenazah itu belum diketahui. Kasi Pemakaman Umum Bidang Kawasan Permukiman Disperum KPP Solo, Sawaras Budi Kusumo, mengaku tak hapal data makam yang dibongkar sehingga belum bisa memastikan identitas jenazah yang dikubur bersama boneka itu.

Sawaras juga belum bisa memberi keterangan soal usia jenazah itu, kapan meninggal, kapan dimakamkan, dan sebagainya.

Sawaras mengungkapkan pakaian yang membungkus tulang belulang jenazah itu masih utuh meskipun kotor. Pada kain yang diangkat tersebut terdapat corak-corak busana pakaian khas pengantin.

Gaya Duduk Silang Kaki Jokowi Saat Kenalkan Menteri, Pose Yoga Apa?

“Jadi itu kan kelihatan coraknya walaupun samar karena kotor. Tidak hanya bonekanya, tetapi jenazahnya juga mengenakan pakaian pengantin,” papar dia.

Relokasi Makam Mojo sisi timur, Jebres, Solo dilakukan oleh Pemkot Solo Rabu (23/10/2019). Setiap hari petugas ditargetkan membongkar 10 makam.

Jenazah di dalam makam itu selanjutnya diserahkan kepada ahli waris. Sebagian jenazah dipindahkan ke makam lain namun ada pula yang dikremasi. Makam-makam di Bong Mojo Solo direlokasi karena lahannya akan dipakai Pemkot Solo untuk membangun RSUD Jebres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya