Peti jenazah Ibu Negara periode 2004-2014 Ani Yudhoyono tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). /Antara-Muhammad Adimaja

Solopos.com, JAKARTA -- Jenazah Ani Yudhoyono, istri Presiden Ke-61 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sabtu (1/6/2019) malam disemayamkan di Rumah Duka Cikeas. Jenazah Ani diterbangkan dari Singapura Sabtu malam dan tiba di Tanah Air pada pukul 22.12.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi Sabtu malam tiba di Rumah Duka Cikeas. Jenazah Ibu Negara perode 2004-2014 ini tiba di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (1//6/2019) pukul 22.12 WIB, setelah diterbangkan dari Singapura selama dua jam menggunakan pesawat Hercules. Upacara penyambutan jenazah Ani Yudhoyono itu langsung dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Dikutip dari Suara.com, ambulans pembawa jenazah Ani Yudhoyono menempuh perjalanan ke rumah duka, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat,  sekitar pukul 22.45 WIB. Meski terbilang sudah larut malam, pada sepanjang jalan rute ke Cikeas, masyarakat berdiri di pinggiran jalan untuk melihat ambulans yang membawa jenazah Ani Yudhoyono tersebut.

Begitu tiba di kediamannya, SBY langsung disalami oleh para pelayat. SBY pun menangis ketika menerima ucapan dukacita dari para pelayat.  Ibu Ani wafat di National University Hospital, Singapura, Sabtu pukul 11.50 waktu setempat, setelah bergulat dengan kanker darah sejak Februari 2019.

Jokowi Melayat

Pantauan TV One, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah duka Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Jokowi disambut sejumlah tokoh. Jokowi tiba di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019) pukul 22.54 WIB. Jokowi didampingi istrinya Iriana Jokowi.

Detik.com menyebutkan Jokowi datang sebelum jenazah tiba di rumah duka. Jenazah masih dalam perjalanan dari Lanud Halim Perdanakusuma.

Sejumlah tokoh tampak hadir di rumah SBY di antaranya Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Mantan Kapolri, Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, Istri Wapres Jusuf Kalla (JK), Mufidah Kalla, hingga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Jokowi sebelumnya menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Ibu Ani. Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendoakan kebaikan bagi mendiang Ani.

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama berdoa bagi almarhumah, semoga, diterima dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, husnul khatimah, dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabaran," kata Jokowi.

Jenazah Ibu Ani akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6) besok. Presiden Jokowi dijadwalkan menjadi inspektur upacara dalam proses pemakaman Ani Yudhoyono.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten