SOLOPOS.COM - Pekerja di pabrik jenang Mubarokfood Kudus, Jawa Tengah, mengemasi jenang sebelum dipasarkan ke berbagai daerah di Tanah Air, termasuk di luar negeri. (JIBI/Semarangpos.com/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Jenang Kudus bikinan Mubarokfood disiapkan untuk menyebar di Malaysia.

Semarangpos.com, KUDUS — Produsen jenang Kudus, Mubarokfood, mulai menggarap pasar luar negeri, khususnya Malaysia. Negara jiran itu dipilih karena dinilai menjadi pasar potensial untuk pemasaran produk jenang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukannya jenang Kudus bikinan Mubarokfood belum dijual di Malaysia atau negara tetangga lainnya. “Selama ini, pemasaran jenang ke luar negeri memang tidak secara langsung dari kami,” aku Direktur Utama Mubarokfood Muhammad Hilmy di Kudus, Jumat (24/2/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk itu, lanjut dia, Mubarokfood mencoba menggarap sendiri pasar jenang di Malaysia yang dinilai memiliki prospek yang bagus untuk pemasaran jenang. Ia mengatakan masih melakukan upaya konsolidasi terkait kemungkinan memasarkannya secara langsung jenang dari Kudus.

“Mudah-mudahan mendapatkan hasil sehingga jenang bisa dijual secara luas di negara tetangga itu,” ujarnya.

Ia mengakui pangsa pasar terbesar jenang Kudus bikinan Mubarokfood saat ini masih di Pulau Jawa yang lebih dari 50% kapasitas produksi. Sedangkan pangsa pasar di luar Jawa hanya 15 persen.

Dalam rangka mendongkrak penjualan produk makanan yang dihasilkan, Mubarokfood juga mulai rajin melakukan penetrasi pasar untuk produk lain selain jenang khas Kudus, yakni dodol. “Pangsa pasar dodol memang dikuasai oleh perusahaan dari luar daerah, namun kami mencoba untuk memasarkan produk serupa hasil produksi Mubarokfood,” ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, merek dodol yang ditawarkan juga cukup menjual, yakni Dodol Asia Pasific. Merek dagang tersebut, katanya, baru saja mendapatkan pengakuan secara hukum sehingga semakin termotivasi untuk memasarkannya secara luas.

Mubarokfood cukup rajin mengikuti pameran dagang di berbagai lokasi, sehingga sejumlah negara diyakini tidak asing dengan makanan khas Kudus tersebut. Di antaranya, Australia, Korea Selatan dan Tunisia karena perwakilan dari ketiga negara tersebut sudah pernah mengetahui produk jenang Kudus saat mengikuti pameran dagang.

Perusahaan pembuat jenang Kudus tersebut juga rutin menjadi target kunjungan berbagai tamu asing, bahkan dalam enam bulan pernah menerima 48 rombongan yang datang ke perusahaan makanan khas Kudus tersebut. Untuk meyakinkan jaminan mutu dan kualitas produk jenang yang dibuat oleh Mubarokfood, sejumlah tamu yang datang mendapat kesempatan berkunjung ke tempat produksi yang dimulai dari proses awal hingga pengemasannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya