Jemput Bola Jadi Kunci Pembayaran PBB di Sragen Lampaui Target
Ilustrasi uang. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Berbagai kemudahan yang didapatkan warga dalam pembayaran pajak dinilai menjadi kunci keberhasilan Pemkab Sragen dalam mencapai target pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB) pada tahun ini.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sragen, Dwiyanto, mengemukakan sosialisasi terkait pelunasan PBB sudah digencarkan. Saat ini, warga selaku wajib pajak juga diberi berbagai kemudahan dalam membayar PBB.

Terget Pembayaran PBB di Sragen Lampaui 100% Meski di Tengah Pandemi

Beberapa kemudahan pembayaran PBB di Sragen itu antara lain warga tidak harus mengantre di teller Bank Jateng, tetapi bisa melakukan transaksi di banyak kanal seperti Kantor Pos, Indomaret, Alfamart, anjungan tunai mandiri (ATM), internet banking, Tokopedia, BKK Bank Jateng, dan pelayanan jemput bola.

"Mulai bulan ini, kami sudah menjalin kerja sama dengan BKK Karangmalang dalam hal pembayaran PBB. Transaksi di banyak kanal itu nanti semua masuknya di Bank Jateng," jelas Dwiyanto kepada Solopos.com, Selasa (29/9/2020).

Pada awal terjadinya pandemi, pemerintah sempat membuat kebijakan supaya warga berada di rumah saja mencegah potensi penularan virus corona. Pada saat itu, sempat muncul kehawatiran bila warga tidak bisa setor PBB karena tidak boleh keluar rumah.

BPPKAD Sragen kemudian mengambil langkah untuk membuka layanan pembayaran PBB secara jemput bola. Setelah disosialisasikan kepada para camat dan diteruskan kepada semua kepala desa, BPPKAD banyak mendapatkan permintaan layanan jemput bola.

Inilah Gua Petilasan Pangeran Mangkubumi di Sragen, Bisa Muat Warga Satu Kampung!

"Banyak sekali desa yang kami datangi selama terjadi pandemi ini. Layanan jemput bola ini tujuannya supaya masyarakat tidak pergi ke suatu tempat. Kami menyiapkan dua mobil pajak untuk layanan jemput bola. Teknisnya, pajak dari warga sudah dipungut oleh petugas dari desa. Setelah itu, kami tinggal datang bersama Bank Jateng untuk mengambilnya. Layanan jemput bola itu turut berpengaruh kepada keberhasilan tercapainya target pelunasan PBB pada tahun ini," papar Dwiyanto.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom