Jempol, 2 Penyanyi dan 3 Musikus Solo Nominasi AMI Awards 2021

Aditya bersama grupnya Aditya Ong Trio masuk kategori Karya Produksi Instrumentalia Terbaik lewat karya berjudul a New Life.

Ika Yuniati
Sabtu, 23 Oktober 2021 - 00:47 WIB

SOLOPOS.COM - Sruti Respati (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SOLO — Dua penyanyi dan tiga musikus Solo melenggang di nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2021 yang diumumkan, Senin (18/10/2021).

Mereka adalah Sruti Respati, Muhammad Raja Giannuca Putra atau Nuca, serta Aditya Ong Trio.

Sruti masuk dalam dua kategori sekaligus. Pertama yakni kategori Artis Jazz Kontemporer Terbaik lewat lagu kolaborasi bersama Indro Hardjodikoro yakni Pelangi.

Kedua adalah Artis Keroncong/Stambul/Langgam/Asli Terbaik dengan lagu Aku Melihat Indonesia.

Saat dihubungi Solopos.com, Jumat (22/10/2021), Sruti, mengaku bersyukur kembali dipercaya ikut meramaikan AMI Awards.

Musik Keroncong

“Satu kebahagiaan tersendiri di masa pandemi ini. Bersyukur masih bisa berkarya kreatif di masa sulit,” terangnya.

Penyanyi terbaik AMI Awards 2021 kategori Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Keroncong/Stambul/Langgam/Ekstra/Kontemporer Terbaik ini berharap bisa terus meramaikan jagad musik Indonesia.

Khususnya konsisten melestarikan musik keroncong.

Baginya, kreatifitas tanpa batas adalah kunci. Apalagi di masa sekarang semua bisa membuat karya dari manapun dan dalam kondisi apapun.

Baca Juga: Selamat! Sruti Respati Menangi AMI Award 2020 

Termasuk saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. “Jadi berkarya kreatif bisa tetap dilakukan dengan luwes sesuai situasi kondisi tertentu dr seorang pengkarya. Jadi, mari terus berkarya kreatif menyuarakan ide-ide kita. Hal-hal yang berkaitan dengan penghargaan biarlah menjadi bagian orang lain untuk menilai,” terangnya.

Jebolan Indonesian Idol, Nuca, juga kaget sekaligus bahagia dengan kabar baik tersebut.

Ini kali pertama dia diapresiasi AMI Awards. Nuca masuk dalam kategori Pendatang Baru Terbaik lewat single barunya berjudul Kagum.

Berjajar dengan nama-nama lain seperti Anneth, Dere, Kaleb J, Novia Bachmid, Raissa Anggiani, dan Misellia.

Kagum merupakan single kedua alumnus SMA Negeri 1 Solo tersebut. Dirilis Mei lalu, lagu ciptaan Andmesh ini ditonton lebih dari satu juta di kanal YouTube Hits Records.

Baca Juga: Digarap Singkat, “Thank You 3000” Tembus Nominasi AMI Awards 2020 

Sebelumnya, ia merilis duet Aku Yang Salah bersama Mahalini.

“Jujur kaget sih Kak. Nuca enggak expect bisa masuk nominasi AMI. Untuk kedepannya Nuca berharap juga supaya bisa terus berkarya dengan lebih baik lagi,” harapnya.

Aditya Ong yang mengomandoi Aditya Ong Trio mengatakan nominasi AMI Awards hanyalah trigger. Melalui ajang tersebut ia berharap bisa menyulut semangat para musikus untuk terus berkarya tanpa melihat batas wilayah.

Sepenuh Hati

Daftar tersebut sebagai bukti bahwa karya kita bisa diapresiasi dari manapun. Asalkan dibuat dengan sepenuh hati.

Dalam ajang tersebut Aditya bersama grupnya Aditya Ong Trio masuk kategori Karya Produksi Instrumentalia Terbaik lewat karya berjudul a New Life.

Ia bersaing dengan sejumlah musikus ternama seperti Erwin Gutawa, Tohpati, Adra Karim, serta Boby Limijaya-Revelation Limijaya.

Aditya Ong Trio memiliki tiga personel yakni Aditya, Laurentius Bob (upright bass), Eliezer Robbynatta (drums).

A New Life merupakan musik instrumental yang masuk dalam album barunya dengan judul sama. Album tersebut berisi tentang refleksi hidup Aditya setelah menikah, punya anak, dan survive di masa Pandemi Covid-19.

Produksinya didukung dua gitaris yakni Ganggeng Yudana, dan Alfado Jacob.

“Melalui apresiasi ini saya ingin sama-sama mengingatkan bahwa di era digital semua orang bisa bikin musik, enggak harus di Jakarta. Yang di daerah juga enggak harus membuat musik daerah, bisa eksplorasi apapun, termasuk instrumental. Jangan takut memproduksi musik yang disukai,” terang Aditya saat diwawancara beberapa waktu lalu.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif