SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan jembatan tol Kaligawe, Semarang, Kamis (8/6/2023). (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Aparat Polrestabes Semarang mulai hari ini, Kamis (8/6/2023), akan mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar jembatan Tol Kaligawe. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan menyusul akan ditinggikannya jembatan Tol Kaligawe imbas dari pembangunan Tol Semarang-Demak.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, mengatakan selama tiga hari ke depan, mulai Kamis-Sabtu (8-10/6/2023), akan dilakukan uji coba rekayasa lalu lintas yang merupakan bagian dari pembangunan jembatan Tol Kaligawe.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Rekayasa arus lalu lintas, terutama kendaraan dari arah Demak yang menuju Semarang,” katanya.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan, kata dia, antara lain mengalihkan kendaraan dari arah Demak yang akan menuju ke Semarang masuk ke dalam jalan tol untuk berputar arah kembali ke jalan utama.

“Sepeda motor dari arah Demak yang akan ke Semarang juga diarahkan masuk ke tol untuk berputar arah,” katanya.

Selain itu, kata dia, kendaraan besar dari arah Jalan Arteri Yos Sudarso yang akan masuk ke jalan tol diminta untuk masuk melalui gerbang Tol Krapyak. Uji coba selama tiga hari tersebut, menurut dia, akan dievaluasi sebelum diberlakukan secara resmi mulai 11 Juni.

“Kalau lancar, 11 Juni mulai dilakukan pembangunan,” katanya.

Menurut dia, peninggian jembatan Tol Kaligawe yang akan tersambung dengan ruas Tol Semarang-Demak membutuhkan waktu pengerjaan sekitar enam bulan. Ia memperkirakan rekayasa lalu lintas di sekitar jembatan Tol Kaligawe akan dilakukan hingga proses selesai pada Desember 2023

“Kalau secara umum sampai tersambung ke tol Semarang-Demak selesai pada tahun depan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya