SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Jembatan Kolonel Sunandar atau Jembatan Tanggulangin yang menghubungkan Kabupaten Kudus dan Demak, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019), diuji beban sebagai tahapan sebelum dibuka untuk dilalui kendaraan umum sekaligus menyambut pemudik Lebaran.

Menurut Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Underpass Karangsawah Alik Mustaqim uji beban Jembatan Tanggulangin secara efektif dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 18.00 WIB. Dalam pengujian tersebut, terdapat 14 kendaraan truk dengan mengangkut beban yang total beratnya mencapai 25 ton.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jika ditotal seluruhnya mencapai 350 ton atau setara 70% dari kapasitas rencana beban jembatan sebesar 482 ton,” ujarnya sebagaimana dikabarkan Kantor Berita Antara, Minggu (19/5/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan hasil uji beban hari ini, katanya, secara empiris sudah bagus karena dengan beban maksimum masih berada di ambang batas. “Lendutan yang terjadi perletakannya sesuai rencana sehingga secara struktur jembatan tersebut aman dilewati,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata dia, hasil uji beban tersebut akan dibahas secara internal sebelum dibuka untuk dilalui kendaraan umum. Sebelum dibuka untuk dilalui kendaraan umum, maka marka maupun pekerjaan pagar pembatas akan diselesaikan secepatnya.

Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR Bambang Suhendro menambahkan uji beban dengan dibebani 14 truk untuk mengecek apakah kemampuan jembatan sesuai yang direncanakan. Hasilnya, kata dia, lendutannya diukur dibandingkan hitungan, gaya dalamnya ada sensor yang ditempel untuk mengecek apakah sesuai, yang jelas menunjukkan jembatan ini bisa dibebani truk sebanyak ini yang membuktikan mampu dioperasionalkan.

Sebelum dioperasionalkan, katanya, pekerjaan yang belum diselesaikan harus dituntaskan terlebih dahulu, seperti rambu dan marka. Proyek pembangunan jembatan tersebut dengan nilai kontrak tahun jamak dianggarkan oleh pemerintah pusat lewat APBN sebesar Rp115,55 miliar, yakni tahun 2017, 2018 dan 2019.

Jembatan yang baru memiliki panjang sekitar 170 meter dengan lebar 11 m, sedangkan panjang total dari mulai perkerasan jalan pendekat (oprit) jembatan hingga stasiun (sta) nol mencapai 600 m.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya