Tutup Iklan

Jembatan Kaca Bakal Dibangun di Gunung Bromo, Ini Fasilitasnya

Jembatan kaca sepanjang 120 meter dengan fasilitas pendukungnya akan dibangun di kawasan wisata Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

 Panorama Gunung Bromo, Jawa Timur saat matahari terbit, Rabu (26/4/2020). (Bisnis-Abdullah Azzam)

SOLOPOS.COM - Panorama Gunung Bromo, Jawa Timur saat matahari terbit, Rabu (26/4/2020). (Bisnis-Abdullah Azzam)

Solopos.com, PROBOLINGGO — Pemerintah berencana membangun jembatan kaca di kawasan objek wisata Gunung Bromo, Tengger, dan Semeru. Jembatan kaca sepanjang 120 meter yang dibangun di area wisata Seruni Point, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) itu juga akan dilengkapi sederet fasilitas.

Prekayasa Madya Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Joko Purnomo, mengatakan untuk pemenang proyek pembangunan jembatan kaca itu sudah ditetapkan. Mereka juga telah siap melakukan pengerjaan dan hanya menunggu turunnya surat perintah mulai kerja (SPMK).

“Untuk kelancaran proses pembangunan, kami bersama Pemkab Probolinggo akan segera melakukan sosialisasi publik,” ujar Joko, dikutip dari Suara.com, Rabu 20/10/2021).

Baca juga: Tol Trans Jawa Mudahkan Berwisata ke Gunung Bromo

Joko menambahkan pengerjaan jembatan kaca itu akan dilakukan dalam kurun waktu 11 bulan. Jembatan kaca yang berada di kawasan wisata Gunung Bromo ini nanti juga akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti tempat parkir, bangunan multifungsi, amphitheater, dan gate.

Di lokasi tersebut juga terdapat shuttle area, terdiri dari finish point yaitu kafe dan area penjemputan. Pengunjung yang melintasi jembatan kaca nanti juga akan disuguhi pemandangan perbukitan dan Gunung Bromo.

Sementara itu, jembatan kaca Seruni Point yang ada di kawasan wisata Gunung Bromo ini akan didesain dengan model jembatan suspended cable. Panjang jembatan kaca itu akan mencapai 120 meter, dengan kedalaman jurang sekitar 80 meter, dan lebar ukuran lantai sekitar 1,8 meter dan 3 meter.

Sedangkan untuk fondasinya akan digunakan tiang bor dan sumuran. Sementara material jembatan akan menggunakan kaca dengan pengaman berlapis SGP.

Baca juga: Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter di Kawasan Bromo, Bisa Uji Nyali Nih

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono, mengaku antusias dengan proyek jembatan kaca di Seruni Point Gunung Bromo itu.

“Semoga pembangunan jembatan kaca membawa manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Serta nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Bromo, Tengger, Semeru,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Periksa Teman Novia Widyasari, Ini Kata Polisi Soal Dugaan Pemerkosaan

Polisi memeriksa teman Novia Widyasari Rahayu, mahasiswi Mojokerto yang ditemukan meninggal diduga bunuh diri, tetapi polisi belum mau banyak bicara soal dugaan pemerkosaan terhadap Novia.

Erupsi Semeru, Ibu-Anak Ditemukan Meninggal Berpelukan di Reruntuhan

Korban Rumini, 28, dan ibunya, Salamah, ditemukan meninggal dalam kondisi berpelukan di reruntuhan rumah mereka Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021).

Update! 15 Orang Meninggal & 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperbarui data korban jiwa maupun korban yang hilang akibat erupsi Gunung Semeru.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Viral Surat Ibu Novia Widyasari ke Kapolres Mojokerto, Ini Isinya

Ibunda Novia Widyasari mengirim surat kepada Kapolres Mojokerto yang isinya menegaskan anaknya depresi dan menolak jasadnya diautopsi.

Ibu Novia Tolak Autopsi, Kasus Bunuh Diri Anaknya Dianggap Musibah

Ibu Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerto yang bunuh diri di makam sang ayah, sudah ikhlas menerima kasus kematian anaknya sebagai musibah.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.