SOLOPOS.COM - Barikade dipasang menutup jalan menuju Jembatan Jurug B Solo, Selasa (20/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLOJembatan Jurug B di Sungai Bengawan Solo yang menjadi jalur kendaraan keluar Solo akhirnya resmi ditutup pada Selasa (20/9/2022) pukul 14.30 WIB. Kendaraan dari arah barat atau Solo sudah tidak bisa melewati jembatan tersebut.

Sementara arus lalu lintas dari arah barat semuanya dialihkan ke Jembatan Jurug C yang menjadi dua arah. Pantauan Solopos.com, barikade dari besi sudah dipasang menutup jalur menuju Jembatan Jurug B.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Petugas juga memasang pemberitahuan pengalihan arus bagi kendaraan dari arah barat yang hendak menuju Palur atau Pucangsawit. Sementara itu, situasi di Jembatan Jurug C yang sudah berlaku dua arah masih relatif lancar.

Belum banyak kendaraan yang melintas dari arah barat. Namun dari arah timur (Karanganyar) cukup ramai. Lebar jalan terlihat sempit di masing-masing jalur. Hanya cukup untuk satu mobil dan satu sepeda motor bersisian.

jembatan jurug B ditutup solo
Situasi arus lalu lintas di Jembatan Jurug C sesaat setelah Jembatan Jurug B di Jebres, Solo, ditutup, Selasa (20/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Sedangkan untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP) hampir memakan seluruh bahu jalan. Solopos.com sempat mengukur lebar jalan sebelum Jembatan Jurug B ditutup dan lebarnya hanya kurang lebih 3,7 meter tiap jalur.

Baca Juga: Terlalu Sempit, Jembatan Jurug C Solo Dinilai Tak Layak Dilewati 2 Arah

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso, mengatakan contra flow dari Solo diberlakukan mulai depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jurug menuju Jembatan Jurug C. Rambu petunjuk itu dipasang di sepanjang Jl Ir Sutami hingga depan SPBU Jurug.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Menurut Kasatlantas, kanalisasi menggunakan barier untuk memisah dua jalur kendaraan yang melewati jembatan. Kendaraan bermotor dari arah Solo menuju Karanganyar bakal melawan arus atau contra flow melewati Jembatan Jurug C.

Rambu contra flow dipasang di depan SPBU Jurug untuk memudahkan kendaraan bermotor dari arah barat berbelok ke kanan. “Untuk kendaraan menuju Pucangsawit mengambil jalur lambat dan jalan menurun di bawah jembatan. Sistem contra flow melewati jembatan sudah diuji coba beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Baca Juga: Penutupan Jembatan Jurug B Ditunda, Bus BST Solo Tetap Tak Lewat Belakang UNS

Ditanya apakah kendaraan berat bisa melewati Jembatan Jurug C, Agus menyampaikan bus dan truk masih bisa melewati jembatan, kecuali truk lebih dari tiga sumbu yang dialihkan melewati Ringroad Mojosongo.

“Kami terus berkomunikasi dengan Dishub Solo dan kontraktor pelaksana proyek terkait pengalihan arus lalu lintas,” paparnya. Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Sutoyo, menyampaikan kontraktor pelaksana bakal menggelar acara selamatan di jembatan pada Kamis (22/9/2022).

Kemungkinan besar proyek perbaikan jembatan dikerjakan setelah acara selamatan. Dia mengimbau para pengguna jalan untuk melewati jalur alternatif selama pengerjaan perbaikan jembatan hingga Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya