SOLOPOS.COM - Jembatan Habibie di Dili Timor Leste (Antara)

Solopos.com, SOLO — Tepat 14 hari sebelum Presiden ketiga B.J. Habibie wafat pada Rabu (11/9/2019), sebuah “monumen bersejarah” tercipta di Timor Leste. Adalah Jembatan Habibie menjadi potret bagaimana posisi Habibie di mata warga Timor Leste.

Bagi warga Timor Leste, B.J. Habibie, adalah tokoh yang punya peran besar negara itu. Pengakuan Timor Leste itu kemudian diwujudkan lewat Jembatan Habibie di ibu kota Timor Leste, Dili.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peresmian Jembatan Habibie di Dili itu dilakukan Kamis (29/8/2019). Ketika itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir dalam peresmian itu sebagai Utusan Khusus Presiden RI.

Peresmian Jembatan Habibie ini bersamaan dengan Peringatan ke-20 Hari Pelaksanaan Jajak Pendapat di Dili, Timor Leste. Jembatan Habibie berada di Desa Bidau Sant’ana, Dili.

Ternyata Ini Foto Asli Soeharto Naik Nmax 

Sebagaimana dikutip dari laman Kementerian PUPR, beberapa waktu lalu, Jembatan Habibie memiliki panjang 540 meter, lebar 8 meter dan 2 jalur. Jembatan ini dibangun oleh Badan Usaha Milik Negara Timor Leste dengan anggaran US$3,9 juta atau sekitar Rp54 miliar.

Jembatan itu dilengkapi dengan taman yang berada di sebelahnya. Jembatan Habibie menghubungkan Jalan Avenida dos Direitos Humanos dan salah satu objek wisata Cristo Rei, patung Yesus Kristus setinggi 27 meter.

Penggunaan nama B.J. Habibie untuk nama jembatan dan taman tersebut merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan rakyat dan Pemerintah Timor Leste atas jasa besar dan kontribusi Habibie pada terlaksananya referendum di Timor Leste.

Taman Wonderia Semarang Kata Gadis Indigo Tak Pernah Sepi 

Habibie merupakan Presiden ketiga Indonesia. Habibie juga merupakan salah satu tokoh yang memberikan banyak sumbangsih untuk dunia penerbangan.

Sebelumnya, Timor Leste menjadi bagian Indonesia dengan nama Provinsi Timor Timur. Lewat referendum pada 1999, Timor Leste akhirnya menjadi negara sendiri.

Jembatan Habibie Jadi Penanda

Jembatan Habibie di Dili Timor Leste (Antara)
Jembatan Habibie di Dili Timor Leste (Antara)

Menteri PU Timor Leste Salvador Soares dos Reis Pires menyampaikan sambutan diikuti oleh Menteri Basuki, dan kemudian mantan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

”Saya ditugasi Presiden Joko Widodo untuk mewakili Indonesia memenuhi undangan Presiden Timor Leste menghadiri 20 tahun Jajak Pendapat Timor Leste. Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama B.J. Habibie, ini merupakan kehormatan bagi pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak B.J. Habibie,” kata Basuki saat memberikan sambutan.

Warung Mbok Yem di Puncak Lawu Punya Televisi dan Kulkas, Ternyata Ini Sumber Listriknya 

Basuki menambahkan B.J. Habibie merupakan sosok negarawan yang dicintai oleh rakyat Indonesia dan Timor Leste. Dia juga menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi agar Indonesia dan Timor Leste terus meningkatkan kerja sama. Khususnya kerja sama ekonomi di kawasan perbatasan, seperti Motaain, Motamasin, dan Wini.

Indonesia dan Timor Leste terus meningkatkan kerja sama antara lain berupa pembangunan infrastruktur dan peningkatan kapasitas SDM Timor Leste. Sejumlah pelatihan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan Timor Leste.

Di antaranya pelatihan rehabilitasi dan rekonstruksi konstruksi jalan, program dan budgeting, dan pelatihan tenaga teknik operasional untuk operator buldoser dan alat-alat berat.

Indonesia dan Timor Leste memiliki sejarah yang dekat dan terus bekerja sama erat bagi kemajuan masa depan kedua negara. Indonesia menjadi mitra pembangunan penting bagi Timor Leste.

Sejak tahun 2010, sejumlah proyek infrastruktur di negara tersebut dibangun melibatkan perusahan konstruksi Indonesia baik BUMN maupun swasta nasional antara lain pembangunan jaringan irigasi Raibere, Jembatan Soebada, jalan Tibar-Gleno, Comoro Powerplant, Gedung Perdana Menteri, Bandara Oecusse dan ETO Tower.

5 Santri dan 1 Kiai di Grobogan Meninggal Tenggelam di Lubang Bekas Galian C

Selama 3 tahun terakhir, nilai perdagangan bilateral Indonesia-Timor Leste terus stabil dikisaran USD 222 juta hingga USD 229 juta. Kondisi ini mencerminkan hubungan baik dari Pemerintah kedua negara dalam kerjasama perdagangan.

Selain perdagangan, hubungan kerjasama Indonesia dengan Timor Leste di bidang pembangunan infrastruktur juga terjalin erat. Nilai proyek konstruksi dan konsultasi Indonesia pada sejumlah proyek infrastruktur di Timor Leste terus mengalami peningkatan. Jembatan Habibie pula menjadi penanda kerja sama Indonesia dan Timor Leste akan kian langgeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya