JEMBATAN GANTUNG: Pelaksana Proyek Mengklaim Pembangunan Jembatan Tak Molor

 ilustrasi (dok)

SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

BOYOLALI--Pembangunan lima jembatan gantung di Kecamatan Selo kembali molor dari tenggat waktu yang dijanjikan. Namun pihak pelaksana proyek membantah pembangunan itu molor.

Kepala Operasi PT Amarta, Yusanto, mengatakan proyek pembangunan jembatan gantung itu memiliki masa kerja 159 hari atau sekitar lima bulan. Waktunya dihitung sejak proses pembebasan tanah rampung.  Dengan demikian, mereka masih memiliki waktu pengerjaan selama dua bulan. Saat ini pengerjaan lima jembatan belum ada yang rampung.

“Padahal proses pembebasan tanah baru tuntas pada 25 November. Makanya masa kerja kami masih ada sekitar dua bulan. Kami juga membuat jadwal percepatan sesuai permintaan Pemkab, supaya proyek-proyek lanjutan bisa segera dikerjakan,” kata Yusanto, ketika dihubungi wartawan, Kamis (8/3/2012).

Berdasarkan pengetatan jadwal yang telah dibuat, empat jembatan dijadwalkan rampung akhir Februari, yaitu jembatan di Sepi, Kajor (Desa Jrakah) serta Windu dan Ladon di Desa Klakah. Sedangkan jembatan di Takeran Tlogolele ditargetkan selesai pada awal Maret. Target itu bisa dipenuhi dengan syarat tidak ada kendala seperti hujan. Ternyata hujan deras turun hampir setiap hari. Pelaksana proyek juga menilai dukungan masyarakat minim, terutama menyangkut tingginya permintaan ganti rugi tanah.

Sementara itu, Asisten II Setda Boyolali, Juwaris menyebut pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena tertundanya proyek lima jembatan gantung di Selo akibat faktor cuaca, dalam hal ini hujan. Lagipula Pemkab tidak punya wewenang langsung, mengingat ini adalah proyek dari pusat. Dia hanya berharap pembangunan bisa selesai pada pertengahan April, supaya tak mengganggu tahap rehap dan rekonstruksi pasca erupsi Merapi.

“Kami berharap pelaksana proyek menambah jumlah tenaga kerja. Tahap rehap dan rekon akan segera dimulai, takutnya terjadi overlapping,” tukas Juwaris.


Berita Terkait

Berita Terkini

KPK Gelar Kasus OTT Bupati Musi Banyuasin dan Barang Bukti Uang Suap

Kasus dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin 

Cerita Gibran 5 Hari Tersesat di Alam Gaib

Kisah misteri kali ini menceritakan pengalaman Gibran yang hilang selama lima hari dan tersesat di alam gaib kawasan Gunung Guntur.

Begini Kerusakan Akibat Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,8 di Bali

Tiga orang meninggal dunia serta tujuh orang juga mengalami patah tulang

China Rebut Piala Uber Seusai Tundukkan Jepang 3-1

Tim China berhasil menundukkan Jepang pada final Piala Uber 2020 dalam finla yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Alasan Kiwil Poligami: Istri Kayak Mobil

Kiwil blak-blakan tentang alasannya poligami dan menganalogikan istri seperti mobil.

40% Populasi Dunia Tak Mendapat Akses ke Makanan Sehat

Makanan yang kita pilih dan cara kita memproduksi, menyiapkan, memasak, dan menyimpan menjadikan kita bagian yang tak terlepas dari sistem pertanian pangan.

10 Berita Terpopuler: Peraih Emas Terbanyak PON - Tragedi Susur Sungai

Ulasan tentang Adinda peraih terbaik ajang PON Papua dalam tangan masih tertanam pen menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (17/10/2021).

Sah! Putri Bill Gates Nikah Islami dengan Nassar, Mualaf?

Putri Bill Gates menikah secara islami dengan kekasihnya, Nayel Nassar, yang berasal dari Mesir setelah sekian lama bertunangan.

Ratusan Penerima PKH di Klaten Ternyata Punya Mobil hingga Rumah Mewah

Sedikitnya 250 keluarga penerima manfaat (KPM) di Klaten diusulkan segera dinonaktifkan dari program keluarga harapan (PKH).

Asale Pusat Olahraga Terpadu di Sukoharjo Jadi Gedung Budi Sasono

Pemkab Sukoharjo berencana membangun gedung pertemuan Budi Sasono berkapasitas sekitar 2.500 orang.

Indonesia ke Final Piala Thomas, Fajar/Rian Termotivasi Kemenangan Jojo

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengungkap kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo).

Tampil Dominan, Manchester City Tundukkan Burnley 2-0

Manchester City raih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Burnley dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Etihad Stadium.

Susah Payah, Chelsea Hanya Menang Tipis 1-0 di Markas Brentford

Chelsea menang susah payah 1-0 saat bertamu ke Brentford dalam lanjutan pekan kedelapan Liga Inggris di Community Stadium.

Leicester Menang Meyakinkan 4-2 Saat Menjamu Manchester United

Manchester United takluk di kandang Leicester dengan skor 2-4 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di King Power Stadium.

Liverpool Bekuk Watford 5-0, Firmino Sumbang Trigol

Liverpool menang besar saat membantai Watford 5-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Vicatage Road Stadion..