SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SEMARANG—Untuk memfasilitasi pemudik, PT KAI memperpanjang rute KA Pekalongan Eksppres hingga ke Pemalang. Kebijakan ini untuk mnengurai kemacetan akibat amblesnya Jembatan Comal.

“Perpanjangan rute KA Pekalongan Ekspres menjadi Semarang-Pemalang PP diberlakukan mulai hari ini, Selasa (22/7),” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IV Semarang Suprapto di Semarang, Senin (21/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menjelaskan kebijakan perpanjangan rute KA Pekalongan Ekspres itu ditempuh untuk menambah daya angkut limpahan pemudik akibat penutupan Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah, karena ambles.

Menurut dia, rangkaian KA Pekalongan Ekspres memiliki kapasitas angkut sebanyak 530 penumpang dengan membawa sebanyak lima gerbong penumpang yang masing-masing berkapasitas sebanyak 106 tempat duduk.

“Pascapenutupan Jembatan Comal, KA Pekalongan Ekspres memang mengalami peningkatan okupansi sejak Sabtu (19/7) sekitar 20-25 persen sehingga tingkat keterisiannya menjadi 60-70 persen,” katanya.

Berarti, kata dia, masih ada space atau ketersediaan kursi cukup banyak yang diharapkan dengan perpanjangan rute bisa membantu melayani pemudik yang membutuhkan alternatif transportasi dari Pemalang.

Suprapto mengakui sebelumnya KA Kaligung Mas jurusan Semarang-Tegal PP sudah terpengaruh limpahan pemudik pascapenutupan Jembatan Comal yang membuat tingkat keterisiannya meningkat 1.500 penumpang per hari. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya