SOLOPOS.COM - Jembatan di Comal Ambles, Jalur Pantura Ditutup (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Harianjogja.com, SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pergerakan tanah di sekitar Jembatan Comal, Pemalang, stabil, sehingga tidak memengaruhi hasil perbaikan sementara yang telah selesai dikerjakan.

“Berdasarkan pantauan terus menerus, pergerakan tanah Alhamdulillah mulai dini hari sampai tadi stabil, jadi artinya relatif lancar,” katanya di Semarang, Kamis (22/7/2014).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Ganjar menjelaskan bahwa untuk perbaikan Jembatan Comal di sisi selatan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan, sehingga baru yang di sisi utara saja yang bisa dilalui pengguna jalan.

“Jembatan Comal baru bisa dilalui kendaraan dengan berat maksimal 10 ton, sedangkan bus diarahkan ke jalur-jalur alternatif,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Menurut Ganjar, lalu lintas di Jembatan Comal pada arus mudik Lebaran 2014 juga akan menggunakan sistem buka tutup untuk kendaraan kecil dari arah timur ke barat, selain diarahkan ke jalur-jalur alternatif.

“Nanti ketika arus balik Lebaran sudah terjadi maka pasti kendaraan dari arah timur ke barat akan diprioritaskan guna mengantisipasi kemacetan di sekitar Jembatan Comal,” kata mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Jembatan Comal kembali dibuka pada Kamis (24/7/2014), sekitar pukul 03.30 WIB, setelah proses perbaikan terhadap bagian jembatan yang retak dan ambles selesai dilakukan.

Kerusakan Jembatan Comal tersebut diperkirakan karena pengaruh banjir bandang pada Februari 2014, sehingga beton penyangga di bagian bawah longsor dan terjadi pergerakan tanah secara perlahan.(JIBI/SOLOPOS/ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya