SOLOPOS.COM - Jembatan di Comal Ambles, Jalur Pantura Ditutup (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Harianjogja.com, PEKALONGAN—Aktivitas Terminal Bus Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sepi selama dua hari terakhir karena dampak amblasnya Jembatan Comal di jalur pantai utara Kabupaten Pemalang.

Kepala Terminal Bus Kota Pekalongan Ali Tas’an di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa dengan ditutupnya Jembatan Comal pada Jumat (18/7/2014) berpengaruh terhadap perjalanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi masuk ke terminal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebagian bus jurusan dari arah barat tertahan di Pemalang sehingga berpengaruh terhadap jumlah bus yang menurunkan penumpang di terminal. Sedang yang datang dari timur lebih memilih memutar arah dan tidak melanjutkan perjalanan ke Barat,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, amblasnya Jembatan Comal telah mengakibatkan jalur pantai utara Pemalang-Pekalongan lumpuh dan aktivitas di terminal bus terlihat lengang.

“Sejak Jumat (18/7/2014) hampir tidak ada satu pun bus jurusan darai arah barat menuju timur masuk terminal. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap pendapatan di terminal,” katanya.

Ia mengatakan sejumlah penumpang yang akan pergi menuju ke Tegal dan Brebes juga sempat membatalkan perjalanannya karena bus yang mereka tunggu tidak kunjung datang.

“Adapun untuk penumpang yang ke arah timur atau Semarang dan Jawa Timur masih bisa terlayani oleh sebagian bus AKAP maupun AKDP,” katanya.

Wakil Kepala Stasiun Kereta Api Kota Pekalongan Tony Dwiyanto mengatakan amblasnya Jembatan Comal berpengarauh terhadap peningkatan jumpah penumpang yang menggunakan jasa kereta api lokal.

“Amblasnya Jembatan Comal pada Jumat lalu, jumlah penumpang kereta api lokal mencapai 50 orang atau meningkat 50 persen dibanding hari sebelumnya,” katanya. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya