SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MAGELANG—Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan membangun jembatan di Kali Putih Dusun Gempol Desa Jumoyo Kecamatan Salam yang menjadi ruas jalan Jogja-Magelang (Semarang).

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak saat berkunjung ke Magelang bersama Menteri koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Sabtu (30/7).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kunjungan tersebut, rombongan mendengarkan permasalahan bencana dari Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan  Bupati Magelang, Singgih Sanyoto.

Hermanto Dardak menjelaskan Setelah jembatan Kali Pabelan selesai, pihaknya akan fokus untuk Kali Putih. “Jalan Jogja Magelang yang rudak sudah diperbaiki dengan site pile, sedangkan jembatan lama Kali Putih tetap akan difungsikan namun akan diperkuat,” jelasnya.

Adapun jembatan baru, akan dibangun di atas jalan yang berada lurus dengan arus Kali Putih. Jembatan ini akan dibuat dengan rangka 60 sehingga bisa digunakan untuk empat lajur kendaraan.

Pembuatan jembatan akan dirancang sedemikian rupa agar mengontrol arus Kali Putih sebelum masuk ke jalan Jogja-Magelang.
Jika arus kecil, kata dia,  maka akan melewati jembatan lama, namun jika arus mengalir besar disertai lahar dingin Merapi, akan melalu jembatan baru.

“Struktur jembatan sudah siap, nanti setelah lebaran akan dimulai pembangunannya,” tambahnya.
Ia menyebutkan dana untuk pembuatan jembatan ini mencapai Rp64 miliar, sedangkan total dana untuk penanganan jalan dan jembatan sekitar Merapi mencapai Rp230 miliar, sebanyak Rp180 miliar di antaranya untuk penanganan air.

Selain jembatan, menurutnya, persiapan untuk antisipasi banjir lahar dingin musim hujan mendatang adalah perbaikan sejumlah sabodam di sungai-sungai yang berhulu di Gunung merapi.

Sementara itu, Menkokesra Agung Laksono mengatakan saat ini penanganan bencana Merapi telah masuk tahap ke tiga yang menjadi tahap terakhir yakni rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Terkait pembangunan jembatan tersebut, kami berharap agar pembebasan tanah diatur sebaik-baiknya agar tidak mengganggu proses rehabilitasi dan rekonstruksi,” tandasnya. (HARIAN JOGJA/Nina Atmasari)

Foto : Menkokesra Agung Laksono beserta rombongan, didampingi Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Bupati Magelang Singgih Sanyoto saat meninjau lokasi imbas Merapi di Magelang. (HARIAN JOGJA/Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya